Review: Prelo, Jual Beli Barang Bekas Aman Berkualitas

Haloooo! 
Finally, Mimoyoja is back! Hidup sebagai emak-emak newbie ternyata super duper rempong ya guys, nggak mengira hidup saya bakal berubah 180 derajat setelah punya bayi. Rasanya udah luaamaaa banget saya nggak bisa luangin waktu buat dandan lenjeh dan foto-foto produk makeup lagi. Lelah? Pasti! Bosen? Nggak dong, hehe. Meski capek dan kadang ngantukkk tapi liat senyum anak tuh rasanya hati itu nyess plong ademmm bahagia banget :D :D

Okay enough for random rambling. Kali ini saya mau review sebuah aplikasi marketplace yang sepertinya bakal berguna buat emak-emak ogah rugi atau yang suka hunting barang-barang preloved. Apakah itu???
Jeng jeeenggg~


Prelo! Yes, Prelo dari kata 'Preloved', sebuah marketplace baru asli dari Bandung :) 
Ini adalah marketplace yang aplikasinya bisa kamu dapatkan di AppStore atau PlayStore, spesial tempat jual beli barang second bagus berkualitas.

Kenapa saya bisa sampai 'nyasar' ke Prelo?

Jadi cerita bermula saat saya bingung sama tumpukan baju-baju saya yang nggak terpakai di lemari. Size tubuh saya belum 100% balik normal pasca lahiran jadi otomatis ada banyak banget baju lama yang nganggur, bikin sempit lemari. Terpikirlah buat jual baju-baju secondhand itu, cuma saya sempet agak bingung mau jualin kemana. Tau sendiri kan sekarang marketplace jual beli tuh ada buanyakkk banget. Karena bingung saya pun iseng aja browsing ya, dan nemu ada aplikasi marketplace baru asli Indonesia, namanya Prelo.

Prelo ini spesial tempat jual beli barang second / tak terpakai secara online dengan fitur-fitur yang menurut saya simpel dan inovatif. Interface-nya sangat simpel dan user friendly. Selain itu, karena berbentuk aplikasi jadi super praktis buat cek barang yang kita jual atau mau beli dimana aja kapan aja di smartphone kita. Saya yakin deh hari gini online shopping udah bukan hal yang asing lagi bagi banyak orang. Atau jangan-jangan kamu hobi belanja online juga kayak saya? Hehe.

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan kalau mau cobain Prelo ini adalah mengunduh aplikasinya di AppStore dan Playstore. Setelah mengunduh aplikasinya, kita tinggal bikin akun dengan mengikuti beberapa langkah yang menurut saya tuh simpel banget, sama sekali nggak ribet.


Di Prelo, kita bisa jualin barang-barang kita yang udah nggak terpakai (buat belanja lagiii, yay!) atauuu kalau kita mau hunting barang branded dengan harga murah seperti Charles and Keith sampai Kate Spade gampanggg, tinggal klik klik klik doang! Siapa sih yang nggak mau dapetin barang kece dengan harga miring. Kalau kita beruntung, kita bahkan bisa dapetin barang cakep dengan kondisi 99% bahkan baru dengan harga setengah bahkan sepertiga harga toko :D :D 


Hmmm, tapi ya kadang pasti muncul keraguan ya belanja di marketplace gini. Apalagi kalo kita mau beli barang branded dengan harga yang miring. Was-was nggak sih? Untungnya di Prelo kita nggak perlu galau nih kalau mau belanja karena Prelo ngasih jaminan garansi 3 hari buat kita sebagai pembeli saat membeli barang branded. Jadi kalau ternyata barangnya nggak ori (amit-amit ya) kita bisa minta refund, tentunya dalam jangka waktu 3 hari ya. Sebagai penjual pun kita nggak bisa asal-asalan jualin barang karena pihak Prelo akan mereview dulu barang jualan kita setelah kita upload. Kalau udah oke, maka status barang jualan kita akan berubah jadi produk siap jual. Asyik kan?


Jadi gimana pengalaman saya pakai Prelo selama beberapa minggu ini? 
Kesan saya sih Prelo ini super user friendly, sama sekali nggak ngeribetin kita sebagai pedagang ataupun penjual. Input data mudah dan cepat, tampilannya juga sederhana, nggak rame sampe bikin pusing. Aplikasinya pun relatif nggak makan banyak memori hp, so far juga saya nggak nemu kendala saat loading aplikasi ini (ada beberapa marketplace yang kadang loading tuh super lama sampe eror hiks).

Kalau mau jualan di Prelo gimana?
Kalau kita mau jualin barang kita, kita tinggal foto produk, tulis deskripsi dan story produk tersebut dan tentukan harganya. Ongkos kirim pun bisa kita yang tentukan, mau free ongkir (kita yang tanggung) atau ongkir ditanggung pembeli. 
Khusus untuk harga, ada beberapa hal yang kita perlu pertimbangkan karena saat kita mau jual, Prelo akan mengenakan charge sekian persen. Tapi charge tersebut bisa berkurang bahkan free sama sekali dengan cara kita share dagangan kita di media sosial yang tersedia. So easy, right? :D


Saya udah nyoba jualin beberapa barang saya dan ada beberapa yang nawar (yep pembeli bisa nawar lho via chat bahkan bisa tanya-tanya dulu buat make sure buat beli produk) cuma saya belum lepasin jualan saya sampe ada pembeli yang pas, hehe. Jual santai aja sih :D
Saya juga kadang suka iseng liatin jualin orang-orang yang tertata rapi dengan filter dan direktori yang memudahkan kita mencari produk yang kita inginkan. Mau makeup, baju, gadget sampai alat keperluan rumah tangga bisa dicari di sini, komplit :D 


Nah buat yang jualan juga, cara narik uangnya gampang karena ada satu button yang akan menuntun kita untuk withdraw uang hasil penjualan kita dengan langkah yang sangat mudah, nggak pake ribet. Pokoknya sama Prelo mah semuanya serba dibikin mudah, saya aja jadi ketagihan buat jualin barang-barang lama nggak kepake saya disini hehe. Saya rasa Prelo emang cukup serius mengusung taglinenya : Jual Beli Barang Bekas Aman Berkualitas. Pake Prelo itu kayak setali tiga uang; dapat untung sekalian ikut melestarikan alam dengan melakukan 3R, yaitu Reduce, Reuse, Recycle :)

Anyway, biar gampang saya akan review secara singkat kesan saya selama menggunakan Prelo dalam poin-poin berikut ya~

  • Interface-nya sangat simpel dan mudah, sangat user friendly. Cocok buat saya yang nggak terlalu high-tech (baca: rada-rada gaptek lol)
  • Sistem bagi hasilnya (buat yang jualan) sangat terbuka dan bisa membebaskan kita mau dapat untung berapa dan jual harga berapa.
  • Smooth banget saat buka-buka aplikasinya (ya sesuai sinyal internet masing-masing sih), sejauh ini nggak pernah lemot loading sampe bikin bete :'D
  • Ada sistem referral bonus, jadi kita bisa ajak orang lain buat gabung di Prelo buat nikmatin voucher belanja.
  • Pilihannya buanyak dan story di balik masing-masing barang jualan kadang lucu buat dibaca, hehe.
  • Ada Waktu Jaminan Prelo yang bikin kita yakin buat beli produk-produknya, nggak perlu kuatir kecele ditipu seller (misal dapat zonk atau produk KW).
  • Sistem rekening bersama membuat kita sebagai pembeli nggak was-was takut sudah transfer tapi barang belum dikirim.
  • Ada fitur chatting buat kita langsung chat sama pembeli/penjual.
  • Ada sistem reward poin buat pembeli dan penjual yang aktif. 
  • Sistem pembayaran kalau belanja dipermudah dengan cukup banyaknya pilihan, misal mau bayar via transfer bank, kartu kredit atau Indomaret.
Kalau saran sih kayaknya belum ada ya. Mungkin tampilan yang simpel dipertahankan aja, jangan sampai tampilannya jadi mumet meriah sampe bikin puyeng yang liat. Saya berharap marketplace Prelo bisa lebih booming lagi biar makin banyak yang jualan/belanja. Biar makin rame aja isinya, hehe.

Anyway, buat yang lagi galau cari barang-barang yang mungkin udah susah cari di toko mungkin bisa coba mampir di Prelo (unduh dulu ya aplikasinyaa) atau buat yang bingung mau jualin barang-barang nggak terpakai, bisa langsung buka lapak di Prelo juga, gratisss hehe.

Semoga review saya kali ini bisa membantu ya. Kalau ada pertanyaan boleh banget komen di comment box, I would be so happy to answer your questions! Oh ya, jangan lupa kalau udah unduh aplikasinya, mampir ke lapak saya: raisaa <3

Thank you for reading and see you on my next post!
xoxo
Raisa A.


Comments

  1. Wii marketplace baruuu :) ceki ceki dluu ..

    http://www.inikarlina.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*