DRY SKIN'S BASIC WEAPONS!



Siapa disini yang senasib sama saya, menderita kulit kering akut juga, ayo rame-rame acungkan jarinya!!!! Hehe :p

 Yah, buat yang mungkin udah sering baca blog ini, pasti udah tahu kalau kulit saya itu tipenya kering banget nget. Keringnya itu sampe bersisik *tapi bukan ular ya hehe*, kusam, pecah-pecah dan suka gatal *apalagi kalo eksim kambuh, ugh gatal banget sampe muncul ruam-ruam alergi gitu*. Kulit kering ini dilema banget. Dikasih pelembab kebanyakan, jadi berminyak. Nggak dikasih pelembab langsung pecah-pecah dan bersisik. Jadi serba salah.

Menurut saya kebanyakan kulit kering itu bukan 'kering minyak' (meski kadang minyak perlu juga buat kulit) tapi lebih ke dehidrasi. Jadi penting banget kamu tahu produk apa yang bisa membantu menghidrasi kulitmu biar nggak dehidrasi dan gersang, jadi bukan sekedar 'meminyaki' aja tapi menjaga kadar air biar nggak kering kerontang dan cepet mengerut plus pecah-pecah *semoga pada ngerti ocehan saya ini, susah jelasinnya huhu*

Nah...akibat kekeringan kulit saya itu, saya jadi suka repot cari sabun, cari pelembab, cari pembersih muka dsb soalnya kulit kering cenderung sensitif juga. Jadi kalo salah-salah, bukannya bikin lembab malah bikin kulit iritasi dan perih. Ugh jangan sampe deh -.-
Tapiiii untungnya dari pencarian saya yang cukup panjang, saya berhasil nemu sedikit-sedikit produk yang bisa cukup bersahabat sama kulit saya :D

Nah, untuk perawatan sehari-hari kayak sabun mandi, sabun muka dsb kayaknya sudah pernah saya share beberapa di post ini.
 Kali ini saya mau berbagi aja soal produk rumahan apa yang wajib kamu punya di rumah untuk membantu mengurangi serangan kulit kering + gatal yang kadang suka melanda, khususnya kalau kamu punya penyakit eksim (eczema) kayak saya :)
Ini adalah 'basic item' yang gampang kamu temuin di supermarket dan bisa kamu manfaatkan untuk 'meracik' masker/pelembab/toner buat kulit kering kamu.

Ini dia :

1. MADU 
SOURCE HERE

Yup, saya rasa setiap rumah wajib punya ini. Selain bisa buat obat, bahan campuran minuman atau makanan dan juga suplemen makanan, madu juga *udah bukan rahasia lagi* bagus banget buat kulit. PASTIKAN madu yang digunakan madu asli alami ya :p
Biasanya saya pake madu untuk buat scrub bibir seminggu sekali atau dua kali, untuk campuran masker dan juga buat diolesin ke jerawat yang baru pecah atau dipencet biar nggak makin iritasi+infeksi :p
Tapi hati-hati ya karena kadang madu bisa bikin kulit gatal dan merah kalo langsung dipake ke kulit yang super kering dan lagi iritasi. Gunakan dengan bijak dan sebaiknya ketahui kondisi kulit kamu, sensitif apa nggak sama madu :) *Pengalaman saya pas lagi kambuh eksim, madu malah bikin kulit makin parah gatalnya*


2. MINYAK ZAITUN (EXTRA VIRGIN OLIVE OIL)
SOURCE HERE

Ini juga wajib deh kamu punya kalo kulit kamu tipe kering akut.
Biasanya saya gunakan ini sebagai campuran masker wajah, sebagai campuran scrub bibir, campuran body butter/body lotion, campuran hairmask/hair conditioner dan juga buat diminum :)
Khusus buat yang diminum, biasanya saya minum dua sendok sehari untuk suplemen kulit dan tambahan antioksidan. Saya ada liat di video youtube tentang Eczema Remedy  dan konon dua sendok minyak zaitun sehari bisa membantu melembabkan kulit yang kering parah dan merawat kulit eksim dari dalam. 
Oh ya, pastikan minyak zaitun yang kamu gunakan adalah minyak zaitun MURNI (extra virgin olive oil), bukan produk kosmetik yang sudah ditambah pengawet dan pewangi kayak yang diproduksi untuk kosmetik atau minyak urut >,<  Saya pakai yang biasa dipake masak2 dan murni tanpa ditambah perasa ini itu :D
Lebih baik lagi kalau zaitun organik, hanya saja harganya pasti lebih mahal xD
Oh ya, minyak zaitun juga saya manfaatkan sebagai facial cleansing oil, buat bersihin make up tanpa bikin kulit kering xD


3.  TEH HIJAU
 
SOURCE HERE

Ini murah meriah dan gampang banget didapetin. Saya pake yang Sariwangi Teh Hijau (bukan iklan yaaa) dan harganya nggak sampe 4000 perak, bisa dipake hampir sebulan ^~^
Teh hijau sangat baik bagi tubuh dan kulit kita karena dia mengandung antioksidan, zat anti penuaan dan zat-zat yang ampuh untuk melawan radikal bebas, anti inflamasi dan mampu menangkal sinar UV dari tubuh dan kulit. Plus, buat yang lagi diet, teh hijau juga membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga proses diet kamu jadi lebih maksimal :D
Sedikit tips, sebaiknya minum teh hijau dua kali sehari untuk membantu kamu mengurangi nafsu makan berlebih dan memperlancar metabolisme. Tapi hati-hati buat yang punya maag, minum teh hijau pekat sebelum makan bisa bikin kamu eneg lho >,< Just be wise, bisa diakali kamu makan biskuit dulu atau minum tehnya jangan terlalu pekat. Ingat, jangan ditambah gula lagi ya ^^ Kalo nggak suka pahit, bisa campur madu asli sesendok xD
Biasanya teh hijau saya minum, ampasnya saya gunakan sebagai campuran masker dan air tehnya saya sisihkan dikit di botol spray sebagai toner yang murah meriah tapi bagusss banget buat semua jenis kulit! Plus, tanpa bahan pengawet juga! 
Ingat, ganti toner teh hijaumu setiap 3 hari sekali dan SIMPAN selalu di lemari pendingin biar nggak cepat rusak!


4.OATMEAL
SOURCE HERE

Selain sehat dimakan, oatmeal juga bagus buat kulit kering lho :D
Biasanya saya gunakan sebagai campuran masker wajah dan campuran scrub badan (saya campur sabun mandi, minyak zaitun dan oatmeal). 
Sebagai catatan, sebaiknya saat dijadikan masker wajah, gunakan oatmeal yang sudah dicampur sesendok air matang (atau air teh hijau) agar oatmeal-nya nggak terlalu kasar dan harsh buat kulit wajah yang sensitif.
Saya pernah langsung pake oatmeal dicampur madu dan minyak zaitun tanpa air dan hasilnya pas dioles ke muka, oatmealnya kasar banget dan bikin kulit gatal hiks >,<


5. VITAMIN E
SOURCE HERE

Selain buat diminum, vitamin E (yang modelnya kapsulan) suka saya pecahin juga buat diolesin minyaknya ke wajah sebelum tidur, hehe. Lumayan, kulit flaky dan super kering bisa agak berkurang keesokan harinya setelah dioles sebelum tidur malam sebelumnya.
Saya pakai Ever E yang 250 IU dan biasanya selain diminum dan dioles ke wajah sebelum tidur, saya pake buat campuran masker untuk menambah ekstra kelembaban di masker homemade yang saya buat sendiri :D

FYI, saya ternyata banyak kurang cocok sama masker buatan pabrik. Mungkin karena banyak dari produk tersebut yang mengandung alkohol, zat pengawet buatan atau pewarna buatan >,< Sedangkan tau sendiri, produk pabrik yang labelnya 'natural' itu biasanya lebih mahal dan susah dicari :p
Makanya saya mulai lebih condong menggunakan bahan-bahan alami dan murah meriah pula untuk perawatan mingguan/bulanan saya (kalo harian kayaknya repot, paling toner teh hijau). 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Nah, kayaknya itu dulu deh ya, semoga bermanfaat ya ^^
Oh ya, harap diingat, kondisi kulit nggak bisa 100% bagus juga kalo nggak ditunjang dari dalam dan bahan-bahan alami yang saya sebutin tadi bukan untuk mengobati tapi untuk mengurangi dan membantu agar kulit kering nggak makin parah. Tapi mungkin kalau telaten dan rutin melakukan perawatan kulit dengan produk/bahan yang cocok, bukan mustahil kekeringan kulit bisa teratasi hehe...



Next time saya bikin tutorial masker dan toner buat kulit kering sensitif ya ^^
Maaf belum sempat sekarang soalnya masih super sibuk hiks hiks.


Thanks for coming dan have a nice day :*


Raisa Angelin



Photobucket

Comments

  1. Aku alergi madu deh kayaknya. Suka gatel2 sama madu. Tapi oke banget sama EVOO. & baru tau kalau diminum juga baguuussss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, kok bisa ya :")
      iya katanya bagus buat kulit dan kesehatan juga, tapi rasanya yuck banget haha T.T

      Delete
  2. EVOO km yg bisa diminum merk nya apa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake yang La Rambla Extra Virgin Olive Oil...soalnya itu lumayan murah menurutku hehe :p

      Delete
  3. wah, kalau kulitku sih tipenya oily, eh salah, super oily T..T abis cuci muka, gak sampe 1 jam udh minyakan (nangis kejer)
    kalau aku sih biar skin ku gak cepet oily biasanya
    - cuci wajah 2 kali
    - trus pake moisturizer yang kontrol minyak
    - trus make sun screen yang bisa kontrol minyak

    hihihi btw, mba'e itu kok power savingnya ganggu ya (menurutku) -___- aku kan pembaca lambat (*note : akunya lemot XD) jadi baca blog agak lama, dan nge scrollnya pake keyboard down -___- tiba2 langsung ada layar item -__- musti gerakin mouse -__-
    aku udh dapet 6 kali power safer black page nya XD
    hihihi maap kak aku kurang ajar ngomongnya ^^

    Thanks for sharing kak~

    me971113.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo iqbal, wah berbalik 180 derajat ya kulit kita >,<
      thanks ya dah sharing...yuk sekalin kasih tau disini, barang2 apa aja yang biasa kamu pake buat kulitmu yang berminyak ^^

      oh ya? ganggu ya? >,<
      kalo emang iya bisa aku buang sih...
      cuma sebenarnya itu buat save energy aja, kan go green ceritanya.
      tapi emang kadang suka annoying sih. Nanti ak pertimbangkan untuk mendepaknya :p

      thanks dah mampir ya ^^

      Delete
  4. terimakasih sharingnya nanti aku coba ah

    http://sucijewels.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. aku coba minum evoo, rasanyaa aneh banget dan bentaran dah pengen muntah aja, akhirnya belum keminum lagi. kasih tips donk cara minumn evoo

    ReplyDelete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*