Early 2014 Best Moments and My Life's Update! YAY!


Hola, teman! 
Apa kabar! :D 
Lama bangettt deh rasanya saya nggak ngepost di blog ini. Desember-Januari sibuk buk buk banget jadi susah curi-curi waktu buat update post di blog :3 Sekarang udah lebih banyak waktu senggang jadi mungkin ke depannya saya bisa lebih banyak posting di Mimoyoja. Yay!

My selca last year lol xD
Bulan Desember 2013-Januari 2014 termasuk bulan-bulan tersibuk saya setelah sekian lama (mungkin setelah berbulan-bulan?) sampai-sampai jangankan waktu untuk ngeblog, waktu untuk merawat diri aja hampir nggak ada haha :D
Heboh banget, karena di bulan Desember kan ramai acara Natal disana sini dan persiapan open house (acara tahunan hehehe). Selain itu, disambung lagi sama rentetan acara lain yang nggak kalah heboh. 
Ehem. Bulan Desember kemaren saya 'pra-dilamar'. 
Iya, 'pra-dilamar'. 
Penasaran?
Yuk klik read more-nya :3

Hmmm, mungkin ada temen-temen yang agak bingung dengan pra-dilamar ya? 
Well, saya bantu jelaskan dikit ya :)
Jadi dalam adat Dayak, khususnya Dayak Ngaju (saya asli Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah) apabila hendak menikah, ada beberapa tahapan penting yang harus dilalui. Berhubung jaman dulu nggak ada yang namanya pacar-pacaran, saat pasangan akan menikah dan dianggap siap untuk membina rumah tangga, dua sejoli tersebut *ceilah* akan 'dipertemukan' oleh orang tua dan sesepuh yang berwenang. Dijodohkan gitu deh.

Nah, dalam adat Dayak Ngaju yang tradisi dan kekerabatannya kental sekali itu, yang namanya pernikahan itu sangat sakral dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Bibit bebet bobotnya harus jelas, hubungannya tidak boleh sampai kacau dan tumpang tindih. Oleh karena itu, saat dua keluarga akan dipersatukan dalam tali pernikahan dikenal istilah yang namanya 'Jakah Duit' alias pra-lamaran. Jakah duit itu adalah proses dimana orang tua pihak laki-laki datang ke rumah pihak perempuan dan memberikan 'uang' atau benda berharga sebagai tanda keseriusan pihak laki-laki untuk 'melamar'. Jaman sekarang sih udah pake uang dan jumlahnya bervariasi. Acara 'Jakah Duit' biasanya nggak terlalu heboh, hanya dilakukan oleh keluarga dekat alias pertemuan interen.

Tapi 'Jakah Duit' belum bisa disebut melamar, karena pihak perempuan akan merundingkan hal tersebut terlebih dahulu kepada keluarga besar dan kerabat-kerabatnya. Dulu sampai ke kampung-kampung sebelah, sekarang sih karena udah di kota nggak seribet dulu :D 
Nah proses 'Jakah Duit' itu akan dilanjutkan proses 'Hakumbang Auh' dimana pihak perempuan akan mengumumkan niat keluarga laki-laki untuk mempersunting perempuan di keluarga mereka kepada para kerabat dan mengharap informasi dan persetujuan mereka. Hal ini penting untuk menghindari 'sala hurui' atau salah hubungan kekerabatan (seorang om/kakek tidak boleh menikahi keponakan/cucunya) dan mempertegas bibit bebet bobot pihak keluarga laki-laki. Dalam proses ini, pacar saya masih di Yogya, hanya orang tua dan saudaranya yang saat itu kebetulan sedang mudik Natal yang hadir dan datang ke rumah keluarga kami.

Nah...apabila semua sudah ditelusuri dan pihak perempuan memutuskan untuk menerima suntingan pihak laki-laki, maka proses akan berlanjut dengan yang namanya 'Mamanggul' atau maja misek. Ini adalah semacam 'pertunangan' ala orang Dayak Ngaju dan apabila sudah sah, maka dua sejoli yang dijodohkan tadi diikat dalam hubungan yang sah untuk siap menikah dan apabila batal, pihak yang dianggap bersalah akan dikenakan denda :) 
Nah, yang ini acaranya lebih heboh dan ngundang banyak orang sekalian kebaktian peneguhan pertunangan. 
Fiuh, ribet ya? 
Eniwei, begitulah memang, hehe. Dan saya dan pacar bukan dijodohkan jadi prosesnya ya nggak seribet jaman dulu LOL. 

Makanya saya sibuk banget kemaren pemirsaaa. Sudah sibuk dengan Natal bulan Desember, disambut lagi acara lamaran dan sebagainya itu di bulan Januari ini. 
Capek boo. Tapi senang? Ya iya lah! Haha.
Saya yang geradakan ini dilamar pacar pertama saya setelah pacaran hampir 5 tahun. Seneng banget :3
Meski harus LDR hampir 2 tahun setelah saya mudik dari Yogya, akhirnya penantian kami untuk hidup bersama akan berakhir tahun depan :') 
Singkatnya, setelah beres pra-lamaran (Jakah Duit/Hakumbang Auh) tanggal 25 Desember 2013 dan setelah pacar saya datang sekitar tanggal 15 Januari 2014, dengan melakukan persiapan yang termasuk kilat, resmi dilamar dan bertunangan tanggal 18 Januari 2014 lalu. 

Wew, saya seumur hidup nggak pernah ngebayangin saya bakal tunangan LOL. Tapi ternyata, haha...Tuhan memang kadang suka kasih rencana di luar perkiraan. Bener-bener nggak kebayang bakal tunangan awal Januari ini. GOD is way too awesome!!!
Pacar saya ngajak nikah via telpon pada bulan Desember dan anehnya waktu itu saya terima hahahaha (padahal sebelumnya saya bilang saya ogah kalau ngelamarnya nggak romantis lol) dan tiba-tiba setelah proses ini itu, pacar saya datang dan kami tiba-tiba sudah bertunangan. 
Beberapa minggu ini berasa kayak mimpi haha... Dan saat pacar saya harus balik ke Yogya lagi (meski dia asli Dayak Ngaju juga, dia kerja dan tinggal disana) rasanya seperti dihentak bangun dari mimpi indah. 
Sedih >,<
Sedih? Ya jelas. Habis tunangan, lanjut LDR lagi. Tapi yaaa...apa boleh buat. Menikmati aja lah, sabar aja deh saya nunggu tahun depan hehe. Oh ya, rencananya kami akan nikah awal tahun depan. Doakan lancar aja ya teman-teman :*


Eniwei, selama jeda kami 'Jakah Duit' dan 'Mamanggul', saya dan keluarga sempat main ke Banjarmasin di awal tahun ini. (pacar saya datang sesudahnya, hehe) Saya pergi bersama keluarga saya dan bermalam semalam di sana. Dan seperti biasa, shopping rally dimulai di Duta Mall, hehehe. Saya emang jaraaaang banget belanja di Palangka Raya, kota saya karena barangnya menurut saya masih sangat minim variasi. Tapiiii kalau udah ke Banjarmasin, saya dan adek bungsu saya biasanya kalap, LOL. 
Belanja biasanya buat stok baju, buku dan lain-lain selama setengah tahun xD 
Dan seperti biasa saya pasti mampir ke toko macam The Body Shop dan Etude House. 


Sempat belanja beberapa barang di The Body Shop dan yang kefoto cuma ini hehe. Lembut banget dan kalau bikin busa, jagooo. Suka banget sama produk ini, apalagi harganya termasuk terjangkau^^v


Meski saya nggak doyan belanja di konter Etude House, saya tetep suka aja liat-liat dan colak colek tester di konter Etude House. Selain bisa jadi referensi buat belanja online, saya juga bisa liat-liat harga, buat bandingin hahaha. Harganya gile jauh banget sama kalo kita order langsung. Bisa 3 kali lipat. Fiuh. 

Selebihnya saya cuma belanja buku dan pernak pernik yang susah dicari kalau di Palangka Raya. Salah satunya adalah buku belajar Bahasa Spanyol dan Italia karena saya bercita-cita jadi polyglot haha! :p

Yah, kurang lebih begitulah cerita kehebohan saya selama bulan Desember 2013-Januari 2014. Bokek dan capek. Tapi hati senang haha. Now i'm officially a somebody's fiance xD
Tahun ini rencana saya yang gantian main ke Yogya. Selain nabung buat nikah, saya mau nabung buat liburan lagi ke Yogya, nostalgila hahaha :D 
Bye bye crazy haul! Saya mau hemat! :D :D :D
Saya rencana ingin lebih konsen ke diet *iya saya makin melar maaak hahahaha, melarnya gila-gilaan!* dan perawatan kulit. Mungkin saya harus kurangin belanja make up dan konsen ke skincare aja tahun ini :3

Lagipula saya udah dapat lumayan banyak stok makeup dari pacar, eh, tunangan saya habis acara lamaran :3 
Di acara lamaran adat dayak, si cewek biasanya dapet seserahan berupa bingkisan produk yang digunakan dari ujung kaki sampai ujung kaki, istilahnya 'Pakaian Sinde Mendeng', artinya produknya adalah hal yang digunakan si cewek komplit dari peralatan mandi, pakaian dalam, baju pesta, sepatu, tas, handuk, MAKE UP, dll. 
Wah senang banget saya!
 Produk make up-nya didominasi produk Maybelline karena harganya relatif terjangkau, kualitasnya cukup oke dan tentunya mudah didapat di toko. Mau Naked 3 tapi nggak tega minta sekarang, ntar aja lah haha LOL.
Stok make up makin banyak, tunggu review-nya ya! Hehehe :D

 
Nah, kayaknya cerita saya udah puanjang banget deh. Kali ini foto-foto aja deh. Tapi nggak ada foto pertunangan saya hehe. Saya akan post sendiri di post terpisah. Bisa lihat betapa muelaaarnya saya? :')) 
Akibat terlalu bahagia dan banyak jajan di luar nih!

Sunday Morning!
Foto-foto di area Taman Nasional Sebangau yang legedaris itu. Area ini populer di kalangan aktivis pecinta alam luar negeri lho:3

With my fiance :*


Nah, kalau yang berikut ini lain lagi :) Ini foto jalan-jalan hari Minggu tepat sehari setelah acara pertunangan. Saya diajak mancing sama keluarganya tunangan saya ke daerah Tangkiling-Kasongan. Panas gila, siang hari bolong! Tapi pemandangannya maknyus!


Kebun rambutan bertebaran di rumah tante-tantenya tunangan saya di Tangkiling (Kalimantan Tengah, jaraknya hanya sekitar 1 jam dari kota Palangka Raya)


Oke, sampai disini dulu cerita saya ya :) 
Terima kasih sudah mampir dan sampai ketemu di postingan selanjutnya! 
Nanti saya post beberapa foto pertunangan saya deh. Hehehe...

See ya and have a wonderful weekend! See you soon, mwah mwah!
God bless us, amen!


Raisa Angelin

Photobucket

Comments

  1. wahhh congratz ya! wah, kampung halamanku di sebut (banjarmasin) hihihi

    ReplyDelete
  2. Selamaaatttt seuuussss #cipok.
    Beneran pacar pertama? Romantis sekaliiii. Pertama dan terakhir :')

    Oh iya, aku tertarik nih sama adat pernikahan berbagai daerah. Yah dari proses pra tunangan de-el-el itulah. Kalau ses Raisa nggak keberatan, aku mau request cerita soal tetek bengeknya yak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihhhh seussss hihihihihi :D xD
      Iya pacar pertama setelah patah hati berkali2 gak dapat pacar, bersyukur sekali pacaran bisa sampe nikah <3

      Iya ses, ntar kapan2 saya buat post terpisah di blog raisa-angelin.blogspot.com yaaa :D

      Delete
  3. huaaaaa selamat ya kak :)
    semoga ngga ada halangan sampai nanti pernikahan dan pernikahannya langgeng sampai maut memisahkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu dear <3 amin aminnn ~
      can't wait till next year hahaha

      Delete
  4. congraatzzz yaa mbak, wahh asyiknya seserahannya, smg langgeng selamanya ya mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih makasih ya Ni :3
      Thank you so much, saya aminkan aja doanya ya ^^

      Delete
  5. wahh..selamat ya kak..
    moga lancar + langgeng nikahannya ntar..hehehe

    wahh..
    ternyata panjang y prosesnya mau nikah..
    jd pengen cepet nikah juga..hahahaha
    #ditabokSkripsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasihhhh doanyaaa :D Amin aminnn xD
      Iya lumayan panjang, tapi gapapa demi momen sekali seumur hidup, hehe
      Yuk yuk nyusul :p

      Delete
  6. CONGRATULATIONS res... kapan main ke jogja nih? hehehhehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe makasih say :D Thank you ya adhisss, moga lancar juga punya kamu tahun ini :*
      tahun ini main ke yogya, pasti!!!!! :D xD

      Delete
  7. Waah.. selamat ya kak Raisa! Btw mirip loh sm tunangannyaa.. kata orang dulu kan kalo mirip berarti jodoh. Hehehe.. semoga pernikahanya lancar deh.. amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you yaaaa :D
      Wah masa mirip? Hahaha...
      Iya aku aminkan aja deh :3

      Delete
  8. Selamat Raisa, semoga langgeng sampai kakek nenek...dan nanti acara pernikahannya berjalan lancar
    Banjarmasin memang menggoda, minggu ini saya pulang ke Banjarmasin juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn :D Thank you ya doanya <3 hehehe
      Orang Banjarmasin? Wah saya sama keluarga kesana cuma pas mau belanja aja biasanya :p

      Delete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*