{Blogging Tips} Spice Up Your Blog!

Nggak terasa saya udah cukup aktif ngeblog selama lebih dari 3 tahun :)
Banyak banget suka duka yang sudah dilalui selama nge-blog, hehe. 
Saya juga jadi banyak belajar juga, selain belajar nulis, saya 'terpaksa' harus belajar Adobe Photoshop, Adobe inDesign dan sedikit coding untuk HTML template blog. 
Karena pada dasarnya saya malas ribet, 
yang saya aplikasikan ke blog yang kayak sekarang-sekarang aja, simpel. 
Alasan utama adalah karena saya pengen orang fokus ke post saya, 
bukan efek atau animasi di blog saya, hehe.
Banyak banget temen-temen blogger yang menginspirasi saya 
untuk semakin semangat membuat blog saya jadi lebih baik. 
Mungkin bagi sebagian temen-temen, blog saya ini masih kalah jauh lah ya dibanding blog lain di luar sana. Banyak banget bertebaran blog dengan design yang bagus-bagus. 
Bahkan sampai pakai jasa Blog Designer segala *no offense ya,
 saya nggak bermaksud gimana-gimana kok, 
cuma kasih contoh betapa niat temen-temen lain untuk membuat blog mereka lebih menarik*. 
Saya sih juga pengen pake jasa blog designer gitu tapi apa daya, pas iseng ngecek, 
tarifnya ternyata mahal banget nget buat saya haha T__T
Jadi daripada saya ngerogoh kocek sampe jebol demi design blog, lebih baik saya belajar otodidak aja :)

Selain itu, banyak juga blogger yang nggak cuman fokus sama template blog-nya. 
Banyak yang lebih fokus sama karya tulisannya atau hasil fotonya, yang jadi favorit saya adalah blog www.my-lovely-sister.blogspot.com yang meskipun blog template-nya
 tergolong simpel *IMO* tapi tulisan dan kualitas fotonya udah bagus banget xD

Kali ini saya mau sedikit sharing aja, blog/ website yang bisa jadi inspirasi dan tempat temen-temen bisa unduh font, clip art, brush, pattern atau bahkan tips tulisan agar blog kamu bisa lebih kece maksimal. 

FREE FONT

Spesial buat yang suka font-font Korea super lucu --> 

FREEBIES! (brush, clipart, pattern, blog tutorials)


BLOG TUTORIALS (may including FREEBIES!)

http://starsunflowerstudio.blogspot.com/ (banyak link blogger lain disini ^^)
BLOG INSPIRATIONS

and many more.


-----------------------------------

Ada banyak banget sumber-sumber inspirasi dan tutorial keren di internet, 
bertebaran banget dimana-mana  dari tutorial edit template sampai edit foto.
Yah, tinggal kita aja yang harus rajin-rajin browsing ^^

Untuk saya pribadi, kadang saya merasa masih suka stuck gitu-gitu aja hasil blognya. 
Sekeras apapun saya berusaha, saya ngerasa masih kalah jauh daripada blog-blog tetangga. 
Tapi saya sadar, semuanya butuh proses.
Kalau diperhatikan kembali, 
foto saya di jaman dulu kayaknya jelek banget dibanding sekarang >,<

Coba lihat hasil foto saya di tahun 2012 lalu :



Duh kadang saya suka malu sendiri sama hasil foto lama dan juga
kadang suka mikir 'Duh kok nulis gini dulu ya
pas nge-review?' tiap kali baca post-post lama, hehehehe xD
Tapi yah namanya juga belajar ya. 
Memang harus melalui proses semacam itu dulu, nggak ada yang instan bagus,
 kecuali emang  udah bakat alami nge-blognya bagus (?) atau modalnya dari awal udah komplit
 (kamera bagus, basic-nya emang belajar design dsb).

Ini dia hasil foto saya yang baru-baru ini. 
Dibanding dulu hasil fotonya udah jauh mendingan kan? :p
Padahal sama-sama kamera poket lho ^^




Jujur ya, saya merasa kualitas foto saya masih jauh banget dari bagus apalagi sempurna. 
Tapi sejauh ini saya cukup senang sama kemajuan saya meski agak lambat, hehe. 
Saya masih pake kamera poket dari dulu sampe sekarang, tapi cukup terlihat kan bedanya
setelah usaha belajar bertahun-tahun, hehe. 
Tentu masih perlu belajar lagi dan perlu kamera yang lebih baik lagi *uhuk*
Semoga nanti saya bisa punya budget untuk beli kamera yang lebih bagus ya :')

Buat yang penasaran saya pake kamera apa, saya pake 
kamera Canon Powershoot A2300HD. Kualitasnya ya so-so, sudah tergolong  cukup bagus 
meski banyak kamera poket yang lebih bagus sekarang bermunculan, haha...

Ada trik khusus buat bikin hasil foto kamera poket lebih baik dari pake dengan cara biasa. 
Banyak banget saya nemu foto di internet yang kelihatan banget 
'pake kamera poket' *kalau temen-temen paham maksud saya*. 
Saya belajar teknik ini dari beberapa blogger kesukaan saya. 


Tips simpel foto dengan kamera poket dari saya : 

1. Usahakan foto dengan cahaya matahari alami. 
Untuk kamera poket, lampu flash itu disaster alias bencana banget hasilnya --'
Untuk foto jarak dekat sebaiknya manfaatkan fasilitas macro yang ada di kamera poket.

2. Untuk meminimalisir hasil foto yang blur, gunakan fasilitas timer di kamera. 
Trik ini membantu banget karena kadang tangan pas mencet tombolnya itu akan mengakibatkan 
kameranya goyang dan ujung-ujungnya ngeblur deh hasilnya.
Bandingkan deh hasil foto yang menggunakan timer dengan tanpa timer

3. Usahakan foto dengan latar yang bagus, bisa kerahkan  kemampuan styling kamu. 
Foto dengan latar kertas kado, kain yang cerah (nggak bermotif ramai), meja kayu atau kertas polos putih aja. 

4. Hindari foto dengan latar yang terlalu ramai nggak jelas, belepotan saus, bedak, debu dll atau foto dengan latar kurang menarik karena nanti hasil fotonya juga jadi kurang maksimal dan nggak fokus dan nggak 'bersih'. 

5. Waktu foto, usahakan nggak membelakangi cahaya matahari alami. 

6. Kalau terpaksa foto di malam hari, usahakan kamu pake pencahayaan yang optimal. 
Bisa manfaatkan lampu belajar ^^

7. Jangan malas edit foto dengan photo editor kayak Adobe Photoshop. Bertebaran kok
tutorialnya cara biar foto kamu lebih tajam, warnanya lebih keluar dan hasilnya lebih cerah :)


-----------------------------------


Untuk tips menulis blog, saya sih bukan ahlinya ya. Tapi dari pengamatan saya biasa baca blog temen-temen, saya menemukan banyak banget blog yang kadang isinya bagus namun sayang susah dibaca --'

Tips simpel nulis blog dari saya :

Kalau kamu serius nge-blog, usahakan menggunakan template blog yang 'ramah di mata'. 
Maksudnya, dengan latar template yang nggak tabrakan sama font tulisan kamu. Bisa gunakan latar polos
aja, jauh lebih nyaman dibaca :)
Usahakan menggunakan warna yang kontras untuk latar dan warna font kamu. 
Bayangkan kamu baca tulisan dengan font kuning dengan latar blog orange ngejreng, kira-kira pusing nggak? Hehe... 

Gunakan font yang simpel dan nyaman di baca untuk setiap postingan kamu. 
Pengalaman kalo baca blog yang tulisannya kriwil-kriwil semua, sebagus apapun, malah jadi pusing lihatnya T__T

Gunakan bahasa yang nyaman dibaca. Bukan berarti harus sesuai EYD baku atau 
wajib pake bahasa Inggris sih. 
Yang penting nyaman dibaca, nggak pake bahasa yang susah dipahami 53perT1 iN1 
atau pake banyak singkatan atau istilah yang cuma temen-temen aja yang paham misalnya mlsny ky gn dicmpr sm bhs gawl bisa bikin yang baca males karena sulit dicerna, hehe :p

Ini sih opsional aja tapi biasanya blog dengan ukuran foto yang seragam alias nggak ada yang besar kecil
gitu jauh lebih nyaman dilihat daripada yang ukuran fotonya meriah macam-macam jenis, hehe :)

Selebihnya ya jadi diri sendiri aja ^^
Biar temen punya statement sendiri di tiap blog-nya. 
Nggak ada pakem khusus buat nulis, temen-temen juga nggak mesti
ngikutin tips dari saya, toh temen-temen nulis blog sendiri, hak pribadi dan tentu buat 
kepuasan diri sendiri kan, hehe...
Intinya just be yourself tapi terus improve yourself *halah bahasanya*
Terinspirasi boleh, tapi copy paste atau copycat itu jelas BIG NO NO
Mau jadi blogger atau tukang fotokopi? 
Hehehe :p


-----------------------------------


Blog saya juga masih jauh banget dari bagus. Saya juga masih butuh banyak belajar, hehe. 
Tapi semoga postingan ini bisa membantu temen-temen yang bingung
gimana caranya memaksimalkan perangkat yang ada. 
Nggak mesti maksain diri jadi blogger populer mendadak yang banyak diendorse sana sini, 
atau sampe ngutang sana sini beli kamera demi hasil posting yang cetar membahana :p

Justru dengan belajar dan terus belajar dengan perangkat yang ada, suatu
saat kalo ada rejeki dikasih ilmu dan perangkat yang lebih wow, 
hasilnya pasti bakal jauh lebih memuaskan.


Terus nge-blog ya! 
Semangat :*

Saran dan kritik buat blog saya selalu ditunggu.
Yang punya blog tutorial inspiratif, jangan lupa posting di bawah ya.

Thank you :D



Raisa Angelin

Photobucket

Comments

  1. Nice Post Raisa ^0^
    Aku juga gara-gara ngeblog jadi mulai belajar Adobe haha, kalo gak gaptek banget sama Adobe hihi. Kalo inget masa-masa baru pertama kali ngeblog emang suka geli sendiri lihat hasil post sendiri apalagi fotonya haha gak karuan rasanya kalo lihat haha.

    Setuju banget tuh blog MyLovelySister memang kece banget, aku juga seneng banget lihat hasil fotonya ^0^
    Pengen belajar seperti itu tapi kok kayaknya bukan tipe aku banget lembut,kalem dan feminin abis haha. Tapi aku beneran suka tuh lihat blognya Mylovely sister :D
    My Favorite Blogge ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, kalo Adobe sih udah hobi dari dulu aku ce, soalnya dulu suka upload di Friendster wkwkwk
      Sekarang baru buka inDesign, jadi banyak download vector2 yang bagus2 :)
      Iya aku suka duet blogger itu, fotonya bagus semua mupeng terus liat reviewnya, haha :D

      Delete
  2. nice post say... jadi terinspirasi buat berbagi editing foto biar kece... ^.^ mmg ga perlu kamera yang bagus, cukup tau cara maksimalin yang kita punya aja...

    aku juga setuju denganmu say, blog MyLovelySister mmg menginspirasi, aku juga suka liat hasil fotonya ^.^

    ReplyDelete
  3. nice sharing, aku jg masih newbie di dunia blog, yg lain pada bagus2 bgt blog nya, kadang aku malah jd lamaaa ngutak ngatik blog drpd nulis atau sharing sesuatu di blog, udah lama ngutak ngatik hasilnya masih sama aja hehe

    ReplyDelete
  4. beda yaa foto thn 2012 sama thn 2014 ^^ nice tips sa :D
    keep blogging <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya vee rasanya beda, dulu ga gitu perduli sama angle atau latarnya haha.
      You're welcome vee, aku juga suka banget baca blogmu lho, hihi :D

      Delete
  5. Awww makasih Sa uda masukin blog ku d list, ga nyangka :'D :*

    Iyaaa semakin latian pasti smakin berkembang kok kemampuan kita. Aku klo liat foto2 awal ngeblog juga rasanya malu banget ._. Yang sekarang juga bukannya uda bagus banget sih tapi stidaknya lebih bagus dr yang dulu hahaha..

    Makasih Sa uda bagiin website2 itu, ntar aku mau cek fontnya ahh.. Dan slamat ya uda 3 tahun ngeblog. Pasti bukan perjuangan yang gampang, tahu sendiri ngeblog itu butuh effort gede buat ngambil foto, edit dan nulis. Buat mencapai 3 tahun itu sih lumayan membanggakan dan bs jd motivasi buat diri sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya ce Rini, aku kayaknya selalu baca semua post dari kamu xD Suka banget hahahaha
      Terima kasih ya ci :D keep blogging too!

      Delete
  6. I LOVE THIS POST! Emang aku juga baru setahun aktif blogging. Tapi sebelum memutuskan blogging, aku jg silent reader. Beberapa kali berkunjung di dumay, beberapa kali pula menemukan blog yang justru berat dibuka alias bandwidth killer (kursor animasi, background animasi pula plus terlalu banyak pattern) sehingga aku yang tdnya semangat mau baca jadi ngedown moodnya untuk nerusin nunggu loading alias jadi loading lama. Akhirnya kutinggalkan lah blog itu sebelum selesai loading dan beralih cari blog yang loading friendly (bahasanya "loading friendly"..hehehe). Tapi bener loh, aku juga setuju banget sama point kamu soal itu. Walaupun memang tiap blogger memiliki preferensi masing-masing dalam hal mendesain blog mereka, tapi aku pikir memikirkan sebuah tampilan yang reader friendly merupakan hal yang paling mendasar, toh pada akhirnya tujuan kita menulis di blog agar blog kita dikunjungi dan dibaca orang kan? Hehehe. Duh aku jadi curhat nih, maaf ya.. Aku hanya merasa pada beberapa point, kita sependapat. Nice write! :) :) :)

    www.revenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, thank you ya :) Yup kalo emang pengen hasil karyanya dinikmati orang, memang saya rasa reader-friendly itu sangat penting :) Kecuali blog-nya untuk pribadi aja, hehe :p

      Delete
  7. wah makasi banyak kak infonya :) jadi inspirasi buat saya yang masih baru mulai merintis blog :D

    mari mampir ke blog saya kak hiip://justanotherblogposting.blogspot.com . kritik dan sarannya ditunggu hehe ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome :D xD Senang kalo bisa menginspirasi ^^

      Delete
  8. tipsnya lengkaaappppp...
    mbaa,,, sesekali sharing tentang palangkaraya dong, taun depan Insha Allah saya pindah kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihh xD
      Wah share tentang apa ya, kotanya gini2 aja sih mau cerita tentang apanya nih? hehe :p

      Delete
  9. Halo :) boleh tau ga buat pic yg paling atas (about beauty blog) edit nya pake software apa ya? Adobe atau ada app lain? Makasi..


    ReplyDelete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*