{Weekly Tips} DIY Green Sour Face Mask - Perfect for Dry-Combination Skin!



Aloha! 
Saatnya saya berbagi tips perawatan kulit super praktis buat temen-temen. 
Buat yang ngikutin blog saya ini, pasti tahu kalau kulit saya ini rewel banget. 
Keriiing banget sampe sering mengelupas tapi juga berminyak di T-Zone :( 
Ribet banget deh perawatannya. 
Berhubung kulit saya mudah iritasi, saya juga hati-hati banget memilih produk perawatan kulit, 
terutama yang banyak mengandung bahan kimia. 
Oleh karena itu, saya suka banget sama perawatan kulit menggunakan bahan-bahan alami :)

Beberapa waktu lalu saya dikasih temen lumayan banyak bubuk teh hijau xD 
Selain dipakai sebagai bahan makanan, teh hijaunya juga saya manfaatkan 
sebagai bahan perawatan kulit :)
Saya suka maskeran pake yoghurt dan beberapa kali saya iseng kombinasiin sama bubuk teh hijau. 
Hasilnya ternyata kulit lebih halus, lembab dan cerah. Yay xD


Saya suka banget sama yoghurt soalnya rasanya unik dan juga manfaatnya banyak banget. Berikut manfaat yoghurt buat tubuh apabila dikonsumsi dengan tepat : 

Sebagai sumber prebiotik yang baik bagi usus
Melancarkan saluran pencernaan
Sumber kalsium dan magnesium yang baik bagi tubuh
Menyehatkan kulit dan rambut
Menjaga kadar pH di area Miss V
Menyehatkan dan menyegarkan badan
Menguatkan dinding mukosa lambung
Membantu menormalkan jadwal datang bulan yang tidak teratur
Mencegah / mengobati panas dalam
Membantu menurunkan kolesterol jahat
dan masih banyaaak lagi. Silahkan googling deh kalo nggak percaya hehe... :)

Selain yoghurt, saya juga sukaa banget sama teh hijau. 
Aroma dan rasanya nikmat banget buat saya. 
Saya suka pake produk beraroma teh hijau. Selain rasa dan aromanya yang unik dan nikmat, 
teh hijau sudah dikenal banget karena khasiatnya yang juga banyak buat tubuh. 
Di antaranya adalah sebagai antioksidan bagi tubuh, menjaga berat badan agar tetap ideal, 
menyehatkan kulit, anti kanker, anti peradangan, dan juga membuat kita jadi lebih awet muda. 
Banyak banget pokoknya manfaatnya :D

Nah, selain untuk dikonsumsi ke dalam tubuh, dua bahan tadi, yaitu yoghurt dan teh hijau juga baik banget manfaatnya bila digunakan langsung di kulit. 
Yoghurt bermanfaat mengontrol pH di kulit wajah, mengontrol minyak berlebih, 
mengurangi flek hitam, meredakan sunburn, membersihkan kulit dengan lembut, memberantas jamur dan bakteri di kulit (jadi kamu bisa bebas jerawat!) dan  mencerahkan kulit. 
Sedangkan teh hijau, selain membantu menangkal radikal bebas 
dengan kandungan antioksidannya  yang tinggi membantu melembutkan, mencegah penuaan dini, 
mencerahkan, melembabkan dan memberantas jerawat / komedo di wajah. 

Duo maut banget deh bahan-bahan ini xD

Saya pakai masker ini seminggu bisa sampe 3 kali soalnya habis pake rasanya nyaman banget. 

Cara bikinnya super mudah. 

Sediakan :
Yoghurt polos (plain yoghur) TANPA tambahan perasa atau gula, 
untuk muka sampe leher bisa pake 1-2 sendok makan.
Teh hijau bubuk, tanpa rasa atau tambahan gula dan sebagainya. 
Bisa gunakan 1/4 sendok makan.

 
Setelah adonannya tercampur rata, tinggal dioles di wajah sampe leher secara merata. 
Sebelumnya wajahnya dicuci dan dikeringkan dulu yaaa :)
Diamkan sekitar 15-20 menit, bilas bersih dengan air hangat atau air dingin. 
Hasilnya kulit akan jadi lebih lembut, lembab dan halusss xD
Bahannya mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Manfaatnya? Banyak banget, cocok buat yang kulitnya berminyak, kombinasi dan cenderung berjerawat. 

Kulit saya sensitif tapi saya nggak ada masalah dengan masker ini. 
Justru kulit saya jadi lebih lembab dan bersih soalnya selain menutrisi, 
yoghurt juga bermanfaat mengangkat kotoran dan sel kulit mati wajah :D 
Kecuali temen-temen alergi yoghurt atau teh hijau ya.



Saya yakin kalo wajah yang sehat, kenyal dan cerah itu 
nggak bisa dengan mudah didapat secara instan. 
Butuh ketelatenan. 
Kalo instan justru harusnya dicurigai efek jangka panjangnya :) 
Kalo punya budget lebih sih bisa sering-sering perawatan kulit ke salon ya, 
tapi buat yang budget-nya terbatas dan mungkin super sibuk, 
perawatan di rumah kayak gini juga nggak kalah oke dan bermanfaat kok.
Lagian saya pribadi juga rada takut kalo mesti ke klinik atau salon, 
takut malah nggak cocok dan iritasi >,<

Yang pengen coba masker buat kulit kering - kombinasi lainnya, silakan mampir di post ini ya :)

Selamat mencoba! Good luck! 


Comments

  1. Perawatan kulit kombinasi emg lebih ribet yaa.. t-zone aku jg berminyak jadi sering komedo di daerah itu T.T
    Thanks for the recipe. Mau coba ah kapan2 hehe..

    felishmichelle.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Hallo kak Raisa, aku suka baca posting-postingan mu. Lucu dan kreatif! XD
    Kita punya permasalahan kulit yg hampir mirip kak, sebel & bingung bgt harus bagaimana, segala macam cara udah dicoba, tapi hasilnya begitu aja :( aku kesulitan cari green tea bubuk nya, kira-kira cari dimana ya? Disupermarket mahal sekali.. Btw kita punya nama yg sama hihihi salam kenal ya kak Raisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Raisya salam kenal juga ya :D
      Green tea bubuknya aku titip sama temen di surabaya. Coba kamu cek di www.mylovelysister.com deh rasanya disitu dulu ada jual bubuk greentea.
      Kadang selain dari luar perawatan dari dalam penting juga sih. Yang penting jangan menyerah ya :D
      fighting!

      Delete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*