Melawan Dermatitis Atopik (Eksim) Dengan Cara Natural!





This post will be boring for some of you that doesn't suffer from eczema but I think this post will be very useful for eczema / dermatitis atopic survivor like me!
Buat temen-temen yang udah ngikutin blog saya sejak sekian lama barangkali sudah tahu kalau kulit saya ini super duper sensitif banget :')

Saya penderita eksim atau dermatitis atopik sejak SMP, sempat reda saat SMA sampai pertengahan masa kuliah dan mulai kambuh lebih parah lagi sampai sekarang sejak akhir masa kuliah (stressful days, yeah haha) sampai detik ini.
Saya bolak balik ke dokter dan saya rasa sama sekali nggak menghasilkan apa-apa, hasilnya ya gitu-gitu aja ; gatel-gatel alergi di kulit saya masih aja kambuh-kambuhan. Bekasnya jelek banget terutama di area punggung dan lengan saya.
 Buat cewek (bahkan mungkin juga cowok!), ini nyebelin banget nggak sih? Kita semua mendambakan kulit yang sehat dan BERSIH.

Saya nggak pernah ngarep punya kulit putih merona bla bla. Saya cuma pingin punya kulit bersih, sehat dan bebas gatal. Buat sebagian temen-temen hal semacam mungkin bukan sesuatu yang 'wah' ya, tapi buat saya...itu kemewahan yang luar biasa banget. Soalnya ya itu, kulit saya butek banyak bekas ruam dan bekas gatelnya. Belum lagi kalau cuaca ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin) kulit saya bakal gatal nggak ketulungan. Kalo stress, juga gatel. Kalo kena debu, gatel. Kalo keringetan, gatel banget. Duh banget nggak sih -.-

Banyak yang e-mail saya, bahkan ngontak LINE saya buat sekedar berbagi keluh kesah dan cerita-cerita soal eksim ini. Nggak masalah kalo sekedar sharing ya, tapi kalo udah tanya saran obat dll...?
Wah. Saya aja belum sembuh betul, mau kasih saran apa? Saya nggak mau malah menjerumuskan, jadi untuk kondisi masing-masing kulit saya sarankan ke dokter kulit konsultasi langsung >,< Disini saya hanya berbagi, produk apa yang biasa saya gunakan dan tindakan apa yang saya lakukan untuk menangani eksim saya, sebagai referensi saja. So sorry T_T
Tolong dicatat, ini bukan post yang akan membahas soal obat apa yang bisa nyembuhin temen-temen dari eksim. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saya dan referensi yang membantu saya melalui internet. Mohon tidak bertanya tentang obat ya :) 
Saya juga masih berjuang nih ngilangin eksim sampe bekas-bekasnya.

Beberapa bulan lagi saya akan menikah dan sedikit banyak saya mulai agak khawatir. Masa saya mau pasrah terus sama kulit butek saya? Adek saya sampe bilang, saya cewek 'kegatelan' soalnya hobinya garuk sana garuk sini kalo kepanasan atau keringetan. Haha...

Akhirnya saya iseng riset kecil di internet, pake apalagi kalo bukan om Google :)
Melalu internet, saya nemu beberapa artikel yang barangkali juga bisa berguna buat temen-temen yang udah kesel buanget sama eksim ini, dengan cara yang simpel, murah tapi sebenernya saya tahu nggak mudah. POLA HIDUP kita perlu diubah kalo mau berjuang melawan dermatitis atopik.

Saya rasa nggak ada salahnya mencoba mengobati (or deal with?) eksim ini melalui pola makan yang 'sehat' meski itu artinya kita harus siap untuk pantang makan beberapa makanan yang barangkali 'FAVE GUE BANGET NIH'. Misalnya telur. Bagaimana saya bisa pantang makan telur, sodara-sodara? Tapi ya namanya juga demi. DEMI KULIT BERSIH dan SEHAT. HEM.
Selain itu, lingkungan yang sehat dan bersih juga jadi penunjang utama buat temen-temen yang mau punya kulit yang lebih sehat. Artinya ya jangan malas bersih-bersih rumah, minimal kamar lah ya. Jangan sampe debu numpuk banyak dulu barus dibersihin.
Perawatan dari luar juga sama pentingnya dengan perawatan dari dalam. Keduanya berjalan beriringan. Saya selalu pake produk yang nggak bikin kulit kering dan nggak pernah lupa pake pelembab setiap habis mandi atau sebelum tidur. Pelembab (pilih yang cocok untuk kulitmu) adalah skincare paling terjangkau dan sederhana yang bisa kita lakukan :D

Hal yang juga nggak kalah penting adalah...living happily ever after. Yaelah, Cinderella banget nggak sih? Tapi saya rasa kalo mau berusaha lebih ikhlas dan positive thinking hal itu mungkin aja kok dilakoni tiap hari.


Kalo ada masalah yang tertimbun, segera selesaikan. Kalo banyak haters, ya cuekin aja toh mereka cuma orang-orang kurang kerjaan. Kalo pacar bikin sedih terus ya tinggalin aja (sadis ya, tapi buat apa pacaran kalo kerjanya cuma bikin nangis, sakit hati dan stress? Hayo...). Atau mungkin masalahmu lebih berat sampe harus ke psikolog? Don't be shy, kamu nggak sendirian kok, bukan kamu orang satu-satunya yang perlu ke psikolog. Nggak dosa juga konsultasi ke psikolog atau psikiater.
Being happy is a possible thing. Fokuskan aja dirimu pada hal yang membuat kamu bahagia. Kelilingi dirimu dengan pergaulan positif. Susah? Usaha cari komunitas supporting group yang bisa kita cari di internet. 
Be happy, be grateful. Ngomong emang mudah ya, tapi percayalah kalo kita hidupnya positif dari dalam, maka yang terpancar akan positif juga :)

Istilahnya, anjing menggonggong kafilah berlalu. Selalu bersukacita dan bersyukur adalah cara paling simpel untuk jadi bahagia. Happy mood = happy skin. Sok banget saya ngomong begini ya, hehe. Tapi ya begitulah kenyataannya, healthy mind maintain your healthy body. Sayang banget udah usaha capek-capek hidup sehat tapi stress melulu. Saya tipe manusia rempong yang gampang tersinggung, mudah stress dan suka khawatir ini itu. Tapi ya seiring waktu dan pertumbuhan iman, saya belajar. Semua itu sia-sia. Kita hidup cuma sekali, be happy, be happy, be happy! 

Ini dia link web yang belakangan ini banyak membantu kulit saya jadi lebih baik (belum sembuh total) tapi jadi mendingan dari sebelumnya. Saya masih berjuang dan saya percaya pasti suatu saat saya bisa sembuh dari eksim ini, amin! Saya sudah pernah bikin post tentang produk perawatan kulit (dari luar) di post saya yang ini. Sekarang produk yang saya gunakan udah ada beberapa yang ganti. Nanti saya update lagi ya :)

LINK

Saya sudah coba bulan lalu beberapa tips dari blog tersebut. Terutama untuk menghindari dairy food, TELUR dan jajanan berpengawet kayak ciki-cikian itu. 
Saya juga mengurangi asupan karbohidrat, garam dan gula serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Kedengaran klise banget nggak sih? Tapi buat yang ada ngikutin Instagram saya di sini pasti pernah liat saya beberapa kali posting menu makanan saya, hehe.
Saya nggak diet super ketat banget kok. Sekali seminggu saya menikmati makanan enak kayak orang-orang juga, hanya porsinya bener-bener dikurangi.
Saya banyak makan pisang (yang katanya BAGUS UNTUK ANTI ALERGI) dan buanyak minum air putih. Saya mengurangi asupan garam dan gula dari biasanya. Saya juga mengganti susu sapi dengan susu kedelai yang vitaminnya juga banyak, tinggi protein tapi aman buat yang alergi.

Hasilnya? Seminggu diet agak ketat (nggak makan nasi dan banyak makan buah, tahu dan sayuran), selain kulit saya jadi mendingan (BELUM SEMBUH YA :P), berat saya ikut turun 5 kg dalam seminggu. Wow.
Banyak yang nanya, saya dietnya gimana karena tertarik turun berat badan, hehe. Padahal saya cuma mau diet buat kesehatan kulit, taunya berat badan turun juga :D :D Yah, Puji Tuhan!

Foto kiri bulan November 2014 - Kanan bulan April 2015

Sekarang saya udah lebih longgar dietnya, cuma nggak kayak dulu lagi makannya seenak jidat haha. Semangat jadinya karena lihat hasilnya yang oke :))

Diet ini nggak hanya murah, sehat dan aman tapi juga BERHASIL di saya. Bagus buat tubuh bagian dalam dan juga luar. Berat badan lebih terkontrol, kulit juga lebih sehat.
Nggak pake obat macem-macem, nggak pake kelaparan dan sebagainya. Saya makan kenyang, tapi yang sehat dan nggak tinggi gula + karbohidrat dari nasi putih. Sumber karbo bisa diganti ubi, oatmeal, nasi merah atau kentang rebus. Pengganjal perutnya pisang atau apel. Nggak ngemil-ngemil makanan ringan kayak kripik atau wafer cokelat :p

Awalnya sulit tapi percaya deh, kulitmu akan berterima kasih nantinya. Buat yang obesitas pun bakal liat hasilnya kayak saya :D
Last but not least, jangan lupa berdoa. Saya percaya, bagi Tuhan tak ada yang mustahil.
Selama ada usaha, kemauan dan doa, pasti ada jalan.

Oh ya, produk perawatan saya sekarang udah lebih simpel daripada yang pernah saya posting di sini lho :)
Kapan-kapan deh saya bikin post baru tentang produk yang saat ini cocok sama saya ^^

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk sharing di comment box ya :D
Buat yang mau curhat )bukan konsultasi, saya selalu open di email saya di rangeldreams(at)gmail(dot)com.
Silakan cerita apa aja, saya akan dengerin tapi pleaseeee jangan tanya obat atau konsultasi penyakitnya apa, saya bukan dermatologis :)

God bless!
xoxo,

Raisa Angelin





Comments

  1. Aku juga alergian, eksim ya namanya? Semakin parah semenjak saya hamil ini, kulitku semakin kering dan luar biasa gatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi sis, coba cek ke dokter sebelum makin parah deh :)

      Delete
    2. Ikut nimbrung ya��
      Aku juga kena eksim, dlu pernah sempet sembuh.. Sama caranya pake diet menghindari alergen. Tapi skrg muncul lagi krn pengaruh hormon saat hamil katanya. Sedihnya, skrg munculnya lebih parah..

      Pokonya jangan minum obat apalagi yg mengandung steroid kalo lagi hamil. Mending coba tes alergi di klinik alergi atau rumah sakit, biar kita tau persis apa yg harus dihindari.

      Tapi nyesek juga sih pas tau kita alergi apa aja. Kalo aku yg mesti dihindari itu dairy products, telur, seafood, ayam broiler, terigu, kacang2an, santan, tomat, terong, nasi (yg ga organik, kalo yg organik masih boleh makan 100gr max sekali makan), makanan berlemak, makanan ber msg, makan yg di fermentasi, ragi, dan masih banyak lagi (ada listnya) �� pokonya junkfood, mie, roti, gorengan gitu haram hukumnya.

      Jadi kalo aku tiap hari mesti masak sendiri sayuran organik (kecuali yg ada di list td), proteinnya boleh dari tahu (tempe ga boleh krn ada raginya), daging sapi, ayam kampung atau ikan air tawar tapi ga boleh yg berlemak atau digoreng. Kalo mau tumis2 harus pake minyak zaitun atau minyak jagung. Ya ribet emang, tapi mau gimana lagi..yg penting bayinya sehat..

      Eh jadi curhat.. Maaf kepanjangan hehe..

      Delete
  2. Hai.. nice review kak ^^
    Aku juga lagi nambah2 ilmu buat diet nih kak, dan pas banget ketemu review ini.
    Aku juga udah mulai ngurangin makan nasi putih, dan berpaling ke kentang rebus. cuma aku belum bisa lepas dari yang namanya gorengan apalagi yang namanya krupuk :(

    mercyyorika.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih say :)
      wah ayo semangat ngurangin makan gorengannya ^^

      Delete
  3. aku juga pernh kena dermatitis apotik. dan paling parahnya waktu kuliah. hampir seluruh kaki saya ruam* merah. udh coba bbrp salep, sabun kesehatan, masih tetap ruam. akhirnya ketauan juga kalo saya alergi makanan amis. sebisa mungkin saya menghindari makanan itu. bersyukur udh sedikit berkurang penyakit nya. walopun blm sembuh total

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh gawat juga ya :'(
      iya sebaiknya hindari aja makan yang memicu alerginya. aku juga sekaran terpaksa menghindari makan telor.
      tetap semangat ya!

      Delete
  4. Akuu juga pernah kena eksim.. Udah sampe ke dr spKk karena gak tahan gatelnya.. Udah gitu nyebar pula kalo kena cairannya x_x .. Kata dokternya sih gara2 stress.. Menderita banget memang.. Lebih baik nahan diri hindari sumber alergi daripada nahan gatel paa alerginya kambuh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa susah juga kalo ga bisa stress >,<
      semangat yaaaa, semoga lekas sembuh ^^

      Delete
  5. semangat yaaa lawan eczema .. saya juga punya di lipatan kaki dan susaaah ngilangin bekas hitam nya .. gatelnyasih udah ilang ., lamaaa mau ngobatin supaya warna kulit nya sama lagi. bagi yang kulitnya sehat dan bersih kalau gatel jangan di garuk berlebihan yaa :)

    ReplyDelete
  6. Hai, aku juga ada eksim. Malah kata ibuku dari aku lahir, kulitku mengelupas itu. Dari kecil kesiksa bgt sama eksim, sampe dari obat tradisional udah dijabanin juga tetap ga sembuh, dokterpun juga kasih resep dosis tinggi juga ga ampuh:( sampe stress bgt kalo eksim gatelnya klimaks. Kalaupun eksim di kaki sembuh, kemudian ganti lagi ditangan:( huhuw

    ReplyDelete
  7. Salam kenal,bayi saya juga bakat atopi, eksim juga ini. Sangat amat sensitif... Terimakasih tulisannya mbak, banyak info yg manfaat. Oiya apa ada komunitas utk para eksim surviver :) ingin bergabung utk tambah ilmu

    ReplyDelete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*