My Skincare Routine - Produk Perawatan Kulit Eksim! [update 2015]



Hello there! Apa kabarnya?
Palangka Raya masih berkabut asap pekat nih, bikin makin banyak yang menderita sakit pernapasan bahkan alergi kulit kayak saya :'(
Sudah hampir tiga bulan kami disini terpaksa harus menghirup asap yang beracun setiap hari dan sampe post ini saya rilis langit di Palangka Raya masih kuning karena pekatnya asap. Belum kapok-kapok kayaknya orang-orang  serakah ngebakar lahan. Sampe gundul habis hutan Kalimantan, mungkin baru bisa sadar. Itu juga kalo bisa sadar.  
Karena cuaca yang kering dan udara yang kotor begini, kulit saya yang super kering dan mudah bermasalah mulai bertingkah dan kali ini eksim saya kambuhnya agak parah karena alerginya muncul dari kepala sampe kaki. Sedih, tiap ngaca rasanya frustasi banget T__T

Tapi berhubung saya emang ada 'bakat' eksim (dan nggak bisa hilang cuma bisa dicegah), meski saya meratap dan mengeluh tiap hari pun, nggak akan ada hasil apa-apa. Kalo stress malah bisa makin meriah gatelnya :')
Yang nggak tau kulit eksim itu apa, bisa klik disini ya. Kulit kering eksim beda dari kulit kering biasa. Kulit eksim, atau eczema/dermatitis atopik biasanya sangat sangat sangat sensitif dan mudah bermasalah, break out-nya dipicu banyak seperti misalnya seperti cuaca panas, udara kering, salah makan dan bahkan karena stress. Ribet deh pokoknya :"))

Anyway, saya sudah pernah bahas tentang skincare / bodycare rutin saya di sini, di sini dan di sini. Buat saya, produk perawatan kulit itu bukan harga mati. Satu produk belum tentu cocok selama-lamanya. Yang dulu cocok, bisa jadi sekarang malah nggak cocok. Begitu juga sebaliknya, yang dulu nggak ngefek bisa jadi sekarang ngefek. Jadi produk skincare/bodycare menurut saya sangat tergantung dengan kondisi kulit kita sekarang. Penting banget buat kita untuk memahami apa yang kulit kita mau. Spesial buat kulit eksim dan kering kerontang, hati-hati selalu dengan produk yang beredar di pasaran karena biasanya keras dan cenderung 'ngegerus' kulit kita. Produk yang melembabkan dan menghidrasi adalah HOLY GRAIL banget buat kulit kering+eksim kayak saya. 

Sebelum saya bahas lebih lanjut tentang produk skincare/bodycare saya, saya kasih tahu dulu yaa kalo semua produk berikut ini adalah produk yang  SAAT INI cocok sama saya dan belum tentu cocok sama SEMUA ORANG. Saya saat ini juga masih berjuang sama eksim dan sampe sekarang belum nemu obat paling patennya, jadi yang mau konsultasi soal kulit ala-ala dermatolog sama saya mohon maaf saya nggak ladeni yaa. Kalo sharing, silakan. Kalo tanya obat/produk yang ampuh, wah mending ke dokter kulit aja :)

Postingan ini berisikan referensi produk yang barangkali cocok sama temen-temen. Skincare/bodycare itu bener-bener personal trial & error yaa..tapi semoga postingan kali ini bisa bermanfaat kasih ide buat temen-temen produk apa yang barangkali bisa bikin kalem kulit kalian yang meradang selama eksim on and off :)
--------------------------------------------------------------------------------------------

1. FACE AND LIP CARE  

Pertama-tama, mari bahas produk perawatan kulit wajah. Iya, selama asap dan udara kotor gini muka saya yang jarang breakout jadi ikutan kacau balau juga :(
Buat orang berkulit sensitif, kering dan eksim sangat penting untuk memilih produk yang menghidrasi dan bisa mengunci kelembapan kulit tanpa bikin iritasi. 
Sekarang lagi trend ya, pake produk wajah dengan step yang panjang beruntun dan ribet. Lucky you kalo dengan step ini itu begitu kulit kamu jadi lebih sehat dan baik. Buat yang kulitnya kering, eksim dan sensitif kayak saya, HINDARI pake terlalu banyak produk. Usahakan sesimpel mungkin karena kulit eksim mudah banget iritasi jadi pakelah produk SEMINIMAL mungkin jadi kulit nggak jadi memerah atau gatel.

Holy grail saya untuk wajah saat ini adalah Hello's Beauty Oil yang beberapa waktu lalu dikirimin sama Nature Leaves untuk direview dan lucky me, produk ini cocok banget sama saya. Meskipun produk endorse, tapi klaim ini jujur adanya, bukan dibagus-bagusin lho ya. 

Cara pakenya simpel banget. Habis cuci muka, kulit muka nggak perlu dikeringin (ini cara saya) jadi pas muka lagi lembab dan basah gitu, teteskan 3-4 tetes produk di telapak tangan, gosok-gosok tangan sampai hangat lalu tap-tap aja di wajah sampai rata. Untuk produk ini saya akan buat review terpisah ya :) Produk ini sangat membantu melembabkan wajah saya dan puji Tuhan juga nggak bikin jerawatan.
Lah. Udah gitu doang, nggak pake krim lain? Nggak :) Saya cukupkan sampe apply serum ini aja karena udah cukup, kalo ditumpuk macem-macem kulit saya malah jadi iritasi.

Untuk bibir, produk lipbalm Evete Naturals tetep juara bikin bibir saya tetep sehat dan lembab. 



2. SKIN CLEANSER

Nah, ini yang penting. Sebagus apapun produk skincaremu, produk cleansingmu jauh lebih penting! Karena membersihkan kulit kering sensitif kudu ekstra hati-hati karena kalo salah-salah, bukannya malah bersih, kulit bisa makin kering dan kegerus!

Kalo kamu sudah memilih pembersih kulit yang tepat, maka step selanjutnya akan lebih mudah. Pembersih yang baik adalah pembersih yang mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih TANPA menghilangkan minyak alami kulit dan malah bikin kulit jadi kering keset iritasi. 

Saya sudah coba macem-macem pembersih dari yang murah meriah sampe yang mahal dan sekarang satu-satunya produk yang cocok sama saya hanya OATMEAL. Iya, kamu nggak salah baca. Saking sensitifnya kulit saya, sabun natural ini itu sampe sabun tanpa sls dll itu NGGAK ADA yang cocok sama saya. Jadi selama hampir 2 minggu ini saya cuci muka dan mandi hanya pake oatmeal. Rasanya aneh sih awal-awal karena biasa mandi pake sabun. Tapi lama-lama ya enak aja kok, habis mandi kulit tetap lembab tapi bersih :) Ingat ya pas mandi bilasnya sampe residu oatmeal-nya bersih dari kulit. Tapi ya nggak over bilas juga karena nanti kulit malah jadi kering. Cek video youtube-nya BUBZBEAUTY disini untuk referensi cuci muka dan mandi pake oatmeal ya.

Kenapa oatmeal? Karena oatmeal punya kemampuan membersihkan, mengandung zat anti inflamasi dan kemampuan melembabkan yang super. Harganya juga terjangkau karena selain buat makan, bisa buat cuci muka dan badan sekaligus *.* Sungguh, produk ini HG pembersih kulit saya!
Pastikan kamu memilih jenis oatmeal yang merk-nya sudah terjamin dan PLAIN alias nggak ada rasanya yaa :)
Bisa cek di sini  dan di sini nih untuk info manfaat oatmeal buat kulit dan kesehatan ya.
Oya, harap catat sebelum coba pake oatmeal sebagai pembersih, pastikan dulu kamu nggak alergi oatmeal ya!



3. DESINFEKTAN 

Saat eksim flare up, kulit saya keriiing banget sampe memerah, gatal dan mengelupas kadang sampe retak dan berdarah. Sebelum pake pelembab dan pake salep/obat biasanya saya totol/kompres dulu pake Rivanol. 
Kenapa? Karena kalo kulit iritasi, kulit jadi rentan terkontaminasi virus atau bakteri dan penting banget buat desinfektan area yang bermasalah. Alkohol terlalu keras dan perih, jadi rivanol jadi pilihan saya :)



4. BODY MOISTURIZER

Step penting setelah membersihkan kulit adalah melembabkan! 
Saya biasanya nggak mengeringkan kulit muka dan tubuh saya secara total setelah mandi. Pas badan masih agak basah dan lembab, seketika itu juga saya segera aplikasikan body butter. 
Saat ini saya cocok banget sama body butter-nya Evete karena natural dan nggak nyengat kulit saya sama sekali. 

Saya pake 2 kali sehari setiap habis mandi. Di jeda antara mandi pagi-sore itu kadang kulit saya suka agak kering di bagian tertentu. Kalau begitu biasanya saya oleskan Mustika Ratu Hand and Body Lotion yang Tuberose & Shea Butter yang lebih ringan dari body butter Evete tapi tetep sangat melembabkan. Kandungannya aman buat kulit saya dibanding body lotion lain plus baunya ENAK BANGET ya ampun betah deh cium-ciumin baunya seharin <3 Kulit halus + wangi. Yay!


Cek nih kandungannya body butter-nya Evete Naturals :)


Produk yang mengandung urea biasanya cocok buat kulit kering dan bersisik. Selain itu shea butter juga sangat membantu melembabkan kulit kering.



Di bagian-bagian tubuh yang super kering, biasanya pas kulit masih basah sehabis mandi saya suka apply minyak zaitun. Minya zaitun Mustika Ratu ini menurut saya best deal banget karena harganya terjangkau dan bahan-bahannya lebih ramah di kulit karena nggak mengandung paraben atau mineral oil. 
Area paha, lutut dan kaki sering jadi area yang saya oleskan minyak zaitun ini.  


 -------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian update skincare produk perawatan kulit saya. Simpel banget kan, dan sangat terjangkau. Saya udah cobain tuh macem-macem produk impor macam Sebamed, Rosken, Physiogel dll. Yang ampuh cuma Physiogel dan itupun harganya bikin bangkrut apalagi saya pakenya boros haha...

Kulit kering dan sensitif nggak butuh produk yang bertumpuk-tumpuk dan mahal. Kulit kering dan sensitif hanya butuh perawatan yang COCOK, LEMBUT dan SIMPEL. 

Semoga bisa membantu ya. Dan ingat, kulitnya jangan digaruk terus karena nanti bisa makin parah :')

Oya produk-produk yang saya gunakan belum tentu selamanya ini yaaa. Kalo kulit udah lebih stabil dan normal, bisa jadi nanti ganti lagi. Pasti saya update sini lagi kok kalo ganti hehe. Rekomendasi produk kali ini adalah produk yang saya gunakan selama kulit lagi super sensitif dan kambuh eksim. Selama kulit lagi sensi sebaiknya pake produk yang lembut dan nggak mengandung bahan kimia yang keras. 

Nih saya kasih bonus foto saya pas kulit meradang dari muka sampe kaki. Yah, daripada dibawa stress, dibawa santai aja lah ya. Stress bikin kulitmu makin parah! Keep praying dan makan sehat, karena produk luar tubuh hanya menunjang kulit aja. Jaga kesehatan tubuh kamu dan hindari makan makanan yang memicu alergi kulit seperti susu, telur dll (tergantung kulit masing-masing, cek ke dokter yaaa).


Next post saya kasih tips menghilangkan bekas-bekas alerginya ya. Stay tune!

Thank you for reading and God bless us always! Sehat selalu! 


Raisa Angelin

Comments

  1. wah gw juga sedih liat kondisi asap dimana-mana, gaka kebanyang deh,
    Kena asap rokok ajah paru paru udah gak enakm peka banget apalagi asap yang gw liat di TIPI.
    aku baca kulit eksim itu ekstrim parah yah, gak bisa lepas skincare tubuh sama sekali.

    Tetap semangat yahh, btw baru tahu oatmeal buat mandi XD
    Writer Of | MY Dellilah Blog |

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu ♥
      iyaa oatmeal bs buat mandi lo :)
      Hehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Asap itu bikin ngeri banget deh lihatnya, sampai kuning gitu >.<
    Jaga kesehatan ya Mba ^^

    Sedikit saran mending pake minyak zaitun yang extra virgin 100% tanpa campuran, lebih melembabkan dan ngurangin gatal. Ini aku rasain banget semenjak mengandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mbak dweedy ^^
      wah iyaa sih, pernah coba juga cuma harganya lebih mahal dan d aku efek mustika ratu kurleb sama kok. aku soalnya cuma pake pas kulit lagi kering banget hehe

      Delete
  3. Sebelumnya turut berduka cita atas kabut asapnya T.T
    Speechless tiap kali liat foto-foto Palangkaray, Riau, Jambi, dll.
    Semoga kondisi lekas membaik... aamiin aamiin aamiin.

    Olive Oilnya Wardah dan Ovale juga enak, wanginya lembut hehe.
    Makasih banyak infonya ^^ jadi tertarik pengen coba beauty oil juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you :D Taip Thanks God kabut asapnya sudah mulai mereda karena musim hujan sudah tiba ^^
      wah, enak si emang itu baunyaa, tapi aku lebih suka mustika ratu karena ga mengandung mineral oil atau paraben kayak wardah atau ovale ^^;

      Delete
  4. Sis eksimnya seperti melenting2 gitu atau gimana ya. Thank you for info yoo. Salam kenal😁😁😊😊

    ReplyDelete
  5. Sis eksimnya kaya melenting2 gtu bukan ya? Thankyou for info😁😊

    ReplyDelete
  6. Mba,salam kenal, ijin masukin tulisan ini untuk link di blog.ku ya. Boleh? Makasih kalau boleh :)

    ReplyDelete
  7. Wih jadi keinspirasi. Aku punya psoriasis jadinya musti bener2 selektif memilih skincare, udah gitu mukaku kering tapi gampang bruntusan gitu. Mau coba deh pake yg alami2 gini siapa tau gabikin kulit rewel :)

    ReplyDelete
  8. Mba, saat hamil eksimnya pernah kambuh ga? Aku lg hamil dan eksimnya kambuh sampsi bernanah tanganku. Biasanya minum antibiotik dan pakai salap kortikosteroid, tp krn lg hamil ga berani pakai itu. Ini rajin aku kompres pakai NaCl 0.95%, minyak jaitun, evoo, ga ngaruh di kulitku mba, ada saran lain mba? Thankd

    ReplyDelete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*