Kenalan Sama Jogja Medical Center - Klinik Tumbuh Kembang Anak yang Super Nyaman dan Kekinian!

Selamat hari Sabtu, apakah sudah cukup kelon bersama kesayanganmu di akhir pekan ini?

Dalam artikel edisi kali ini saya mau bahas sesuatu yang berfaedah, tapi semoga nggak akan terlalu panjang kali lebar ya karena saya rasa kalau kalian langsung ke TKP nanti, kalian bakal dapat informasi detail yang lebih jos. 

Kali ini saya mau cerita sedikit seputar pengalaman saya saat diundang ke acara Open House Jogja Medical Center (JMC) yang berlokasi di sekitaran Kentungan, Condong Catur pada hari Sabtu pekan lalu (29/2/20). Bersama rekan-rekan blogger dan wartawan, kami diajak menghadiri sesi talkshow pengenalan singkat seputar layanan yang ditawarkan klinik JMC dan room tour ke setiap ruangan yang ada di sana. 

Sedikit info, JMC atau Jogja Medical Center merupakan sebuah klinik anyar yang berfokus pada tumbuh kembang anak dan berada di bawah naungan Budi Mulia Dua Foundation. Layanan yang ditawarkan antara lain adalah layanan Tumbuh Kembang Anak, Biro Psikologi sampai layanan untuk umum, seperti Poli Umum dan Poli Gigi! Lumayan lengkap juga ya, buat anak dan orang tua~


Nah, dalam mini talkshow yang kami hadiri, dihadirkan pembicara dari para profesional yang bekerja sama memberikan layanan mereka di JMC. Dimulai dari kata sambutan dari Direktur JMC sendiri yaitu Tasniem Fauzia Rais, presentasi dari drg. Ireka Diah, Sp.Ort. seputar pentingnya merawat gigi sejak dini dan masalah-masalah gigi dan mulut yang kerap dialami si kecil, sharing pentingnya memahami potensi si kecil sejak dini dari psikolog klinis anak dari Raninta Wulanwidanti, M.Psi, seputar perkembangan kemampuan wicara si kecil dari terapis wicara Titis Hardian Wijaya, S.Tr.Kes, sampai seputar terapi okupasi bersama terapis okupasi Stefani Fera Arista. 

Yang menarik, juga ada presentasi dari Kak Grace Melia selaku Play Therapist tersertifikasi internasional dari Academy of Play and Child Psychotheraphy. FYI, beliau saat ini merupakan play therapist tersertifikasi satu-satunya yang ada di Jogja lo! 

Bisa dibilang, JMC merupakan klinik pertama di Jogja yang menyediakan layanan Play Therapy untuk anak-anak. Bersama Kak Grace, anak-anak bakal diajak 'bermain' untuk menggali masalah dan membantu memberikan terapi yang customized untuk tiap-tiap anak. Caranya yang fun bisa membantu anak lebih nyaman dan mudah menerima bantuan terapi.


Meski singkat, bagi saya cukup banyak ilmu yang bisa terserap. Intinya, orang tua harus selalu sigap dan memahami perkembangan anak yang begitu dinamis. Bukan cuma berbeda-beda masalah dan perilaku tergantung usia, bahkan lingkungan dan pola asuh akan amat sangat memengaruhi tumbuh kembang si kecil lo. Makanya, orang tua dihimbau untuk lebih peka akan kebutuhan si kecil, bukan cuma secara fisik namun juga perkembangan mental dan emosionalnya. JMC hadir untuk mengakomodasi kebutuhan ini, mendampingi orang tua untuk membantu anak mencapai perkembangan optimalnya. 

Serunya, saat sesi room tour, kita diajak berkeliling melongok setiap ruangan konsultasi terapi satu per satu. Terus terang saya amazed banget lo! Meski klinik JMC relatif nggak begitu luas, tapi jangan salah. Tempatnya homy, cozy dan ramah anak banget. Setiap sudut punya kids corner dan ruangan-ruangan dibuat senyaman mungkin. Para stafnya juga ramah dan helpful sehingga dijamin para orang tua dan anak bakal betah berkonsultasi di sini. Kekinian banget deh pokoknya desainnya, saya dan rekan blogger saja sampai betah foto-foto, hehe. 

Ini bocoran layanan apa saja yang bisa kamu temukan di JMC. One stop solution buat tumbuh kembang anak banget nih!




LAYANAN POLI UMUM

LAYANAN BIRO PSIKOLOGI

LAYANAN POLI GIGI

LAYANAN TUMBUH KEMBANG ANAK


Setiap area dibuat senyaman mungkin. Bagi kamu yang beragama muslim, tersedia ruang mushola yang luas dan nyaman. Bahkan ada sudut khusus camilan dan minum gratis yang bisa kamu nikmati sembari menunggu antrian konsultasi/terapi.


Sayang banget saya nggak sempat foto-foto banyak karena sungguh waktu itu cukup ramai sangat,  jadi saya kesulitan sendiri ngambil angle yang kece, huhu. Tapi sungguh, saya senang banget karena pengalaman saya main ke JMC ini meski singkat, bisa memberikan insight baru yang sangat bermanfaat seputar tumbuh kembang anak.


Saat pertama kali datang ke klinik juga jangan khawatir perawatan dan terapinya salah sasaran ya, karena nantinya pasti bakal ada konsultasi dan assessment terlebih dahulu, untuk menentukan, terapi macam apa yang dibutuhkan anak atau bahkan kedua orang tuanya.

Akhir kata, saya cuma mau mengingatkan, bahwa jadi orang tua itu nggak mudah dan sama sekali nggak tabu kok untuk meminta bantuan dari ahlinya jika kamu merasa ada yang yang terasa mengganjal atau kamu terlalu overwhelmed menghadapi semuanya. Meminta bantuan sejak dini justru bisa meminimalisir masalah di masa depan untukmu dan si kecil lo. Daripada takut-takut, ragu dan self-diagnosed, justru malah bisa bikin menyesal kemudian~

Yang mau bikin janji atau tanya-tanya seputar layanan konsultasi/terapi secara lengkap, cus langsung saja ke klinik JMC atau mengontak nomor yang tertera berikut ini ya! Semoga tulisan kali ini bermanfaat~

Jogja Medical Center
Jalan Gondang Raya No. 17, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
0274-2830-919 (Tumbuh Kembang Anak)
📱0811-2542-111 (Poli Umum & Gigi)

Comments