Weekly Tips : How To Deal With Sensitive - Super Dry Skin





Adakah yang menderita kulit sangat kering dan sangat sensitif seperti saya? Oke, dalam kasus saya, kulit saya nggak sekedar kering; kulit saya menderita kelainan kulit yaitu eksim (atau dermatitis atopik. Kalo penasaran silakan googling sendiri yaa :p)
Saya dulu pikir kalau saya sendiri saja cewek hobi dandan yang menderita penyakit kulit eksim (dermatitis atopik) dan memiliki kulit yang luar biasa biasa cerewet seperti sekarang .______. Tapi ternyata setelah blogging saya tahu kalau saya tidak sendiri; ada banyak teman-teman yang mengalami hal serupa dan bahkan mungkin lebih parah dari saya. Dan ternyata ada juga seleb/model terkenal yang punya penyakit kulit eksim (Konon Kim Kadarshian mengidap eksim juga dan bahkan ada model yang pernah mengidap psoriasis, contohnya pemenang America's Next Top Model Season 7, Caridee).


Phew. Untuk yang kulitnya normal atau 'hanya' punya keluhan kulit seperti berminyak, berjerawat, berkomedo, kulit belang dll mungkin akan agak sulit memahami susahnya punya kulit SUPER kering sekaligus sensitif. Beberapa hal yang sering bikin sedih penderita kulit 'super rewel' macam saya dan teman-teman seperjuangan adalah sebagai berikut (khususnya kalau kamu make up junkie) : 

  • Produk untuk kulit berminyak ada banyak dan mudah dijumpai di pasaran. Tapi (khususnya di Indonesia) produk untuk kulit super kering-super sensitif masih sangaaaat jarang dan kalo ada biasanya muahal huhuhu. 
  • Seringkali penderita kulit sangat kering - sangat sensitif (dalam kasus saya dikarenakan faktor eksim) juga mengalami masalah yang sangat menyebalkan seperti kulit berminyak (YAP! Kulit kering bukan berarti bebas minyak! Kulit kering umumnya dehidrasi yang justru bikin kulit jadi memproduksi minyak dan sebum berlebih), berkomedo (karena pergantian kulit yang cepat dan tumpukan kulit mati), BERJERAWAT, kulit bersisik dan mengelupas, tampilan kulit kusam, cepat keriput, rasa GATAL dan berpori-pori besar. Komplit penderitaan kulit super kering -sensitif T.T 
  • Kulit kering sensitif biasanya sangat rentan iritasi kalo kena hal-hal yang bikin alergi dan terkena eksfoliasi berlebihan. Scrubbing atau peeling yang salah bisa berakibat fatal -___- 
  • Dan sederet keluhan lainnya tentang kulit kering - sensitif. 

Kulit berminyak juga menyebalkan. Saya pernah mengalami kasus wajah bak kilang minyak pas jaman SMP dulu (pas masih puber gila-gilaan). Tapi menurut saya, kulit kering justru lebih lebihhhh menyebalkan. Tahu kan kalo katanya kulit berminyak itu lebih awet muda? Nah...kulit kering itu malah kebalikannya : bikin cepet tua. 
Jadi kalau nggak pintar menyiasatinya, yang udah jelek bisa makin jelek deh kulitnya x__x

Kali ini saya mau berbagi sedikit tips dari pengalaman saya buat temen-temen yang punya kulit kering -sensitif (termasuk juga buat yang eksim ya).
Harap diingat, saya bukan dermatologis ya. Jadi yang saya bagikan disini ya hanya pengetahuan umum aja, berbekal pengalaman. Jadi kalau mau tanya-tanya lebih lanjut dan lebih spesifik kayak obat eksim dll lebih baik ke dokter aja *soalnya ada yang e-mail saya tanya-tanya soal hal ini. Maaf nggak bisa jawab karena saya sendiri masih berjuang dengan penyakit kulit ini*.


1.     FIND OUT, 'WHY''.
Langkah pertama kalau kamu punya kulit kering parah, kamu bisa cek ke dokter kulit. Kulit kering itu penyebabnya bisa banyak, apalagi kalau sampai banyak ruam dan daerah yang mengelupas. Dengan pergi ke dokter dan mendapat diagnosa yang tepat, kamu bisa mendapat penanganan yang pas.
Buat kamu yang kulit keringnya masih skala kecil - menengah (beh, kayak usaha dagangan aja nih), kamu bisa banyak-banyak browsing dan temukan produk dan treatment apa yang pas buat kamu ^^


2.    Pelembab itu NOMOR 1!

Pelembab itu penting untuk semua jenis kulit. Tapi bagi penderita kulit kering + sensitif, ini jadi hal paling krusial. Saya pake produk yang semuanya ditujukan buat kulit kering ; artinya tingkat kelembabannya lebih tinggi daripada pelembab untuk kulit berminyak. Makanya penting untuk googling dulu sebelum cari produk dan baca-baca dengan teliti penjelasan di produk yang mau kita beli.

Dari sabun muka, toner, sampai bedak...saya cari mana produk yang mampu melembabkan kulit saya dengan baik. 

Yang saya gunakan saat ini adalah sabun muka dan toner dari Hadalabo, pelembabnya dari L'Oreal atau nggak pake Skin Aqua. Eh, dulu saya sempat skeptis sama brand  Hadalabo. Ternyata setelah tahu cara menggunakannya, produk ini oke banget buat kulit saya.
Toner Hadalabo itu moist banget...jadi makenya cukup 2 sampai tiga tetes aja,muka sampai leher ^^ Kalau kebanyakan, bisa bikin bruntusan~
Saya masih berusaha menemukan pelembab harian yang cocok. L'Oreal Hydra kadang agak 'pedas' buat kulit saya. Sejauh ini produk Bulgarian Rose dari Holika Holika cukup nyaman di kulit wajah saya yang super kering :'))
Seringnya sih saya pakai CC Cream dari Etude House #Glowy aja kalau mau keluar rumah. Sangat melembabkan dan nyaman di kulit.
Sebaiknya cari pelembab yang rendah (bahkan bebas!) alkohol atau ethanol, bebas paraben dan bebas pewangi untuk meminimalisir tingkat iritasi kulit.

Untuk bibir, saya sudah cocok buanget sama Maybelline Baby Lips :************

Untuk pelembab badan, saya juga pilih-pilih banget.
Biasanya, saya pake pelembab Nivea yang untuk kulit kering-sangat kering INI. Produk pelembab Dove atau Vaseline juga bagus. Eh, saya bukan orang kaya lho makanya sebisa mungkin saya cari produk harian yang terjangkau dan gampang dicari :p 
Saya nggak tahan pake Citra atau Marina. Perih di kulit saya, hiks...


Kalau mau lebih moist, bisa pake EVOO (extra virgin olive oil) yang dicampur sama body butter, brand apa aja bisa kok karena umumnya body butter itu lebih rich buat kulit kering. Cuma saya nggak tahan ribet dan lengketnya, haha. Enaknya pake body butter sebelum bobo aja :3

Saya pake : Body butter Sari Ayu MT. Pernah coba The Body Shop juga tapi ra nguati e mahalnya -__-

Untuk sabun mandi, saya biasanya cari sabun yang busanya nggak banyak (berlaku juga buat sabun muka, yaitu Hadalabo Face Wash) kayak Leivy dan sabun bayi Johnson&Johnson.   Sabun yang terlalu wangi atau banyak busanya sangat saya hindari. Bikin kulit saya kering dan gatal :'((

Oya, buat yang tanya, saya pake salep apa buat eksim, saya pake Inerson dan diselang seling sama Betametasone. Tapi keduanya nggak baik dipakai untuk jangka panjang. Minimal kulit harus rehat dari kortikostiroid selama 2 minggu atau lebih. Daripada ngobatin, lebih baik ditahan dan dirawat dengan cara alami : pelembab dan pola hidup sehat. Ini mah susah ye emang -__- Tapi bisa kok kalo niat! Hehe~

Shampoo saya udah enak dengan shampoo Dove. Pakai yang anti hair fall selang seling sama anti dandruff :D

3.     PROTECT YOUR SKIN!

Penting banget melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari :( Kulit normal atau berminyak aja wajib banget dilindungi apalagi kulit kering sensitif yang lebih gampang iritasi dan merah-merah kalau kena sinar matahari. Sebelumnya sudah pernah saya bahas disini.

Kamu bisa pilih produk sunscreen atau sunblock yang paling pas buat kamu. Sekarang saya lagi cinta berat sama produk Skin Aqua. Selain teksturnya ringan banget, nggak lengket, cepat meresap, nggak berwarna...harganya juga relatif terjangkau dan varian perlindungan SPF-nya lengkap. Dulu saya pake Skin Aqua yang ini tapi sekarang lagi pake yang untuk kulit sensitif, SPF 25 ^^
Biasanya kalau malas pake pelembab lain, pake toner Hadalabo + Skin Aqua ini aja saya udah cukup. Untuk medium coverage saya pake BB cream lagi.


4.     Nutrisi Kulit dari Dalam! 
Saya nggak suka makan sayur, jujur aja :( Tapi berhubung kulit saya rewel banget, Mamah maksa banget saya untuk makan sayur dan buah.
Memang sayur dan buah penting banget untuk membantu menutrisi kulit dari dalam. Konsumsi lemak berlebih juga bisa memperparah keadaan kulit juga lho. Yang berminyak bisa makin berminyak, yang kering bisa makin kering -___-
Makanan pedas juga sebaiknya dihindari. Kalau doyan, ya makannya sewajarnya aja, nggak usah lebay. Kasihan kulitnya, apalagi kalo kamu punya eksim.
Pokoknya apa yang kamu makan sangat mempengaruhi kulit kamu. Ini klise tapi emang bener lho. Apalagi eksim, yang suka banyak banget pantangannya (alergi).

Konsumsi vitamin E, madu dan teh hijau juga bagus banget buat membantu menyehatkan kulit dari dalam. Saya biasanya minum satu sendok EVOO sekali sehari, dua sendok madu asli sehari sekali dan juga minum segelas gede teh hijau TANPA gula dua kali sehari (pagi dan sore).
Minum air putih yang banyak (sehari minimal 7 gelas) juga bagus banget biar kulit selalu terhidrasi dengan baik.

Jus buah dan jus sayuran juga bagus banget buat kulit. Bisa googling sendiri ya resepnya :p
Alami tetep yang terbaik, daripada suplemen buatan pabrik. Well, sorry to say...Nutrafor failed for my skin :(



5.     Tidak Panas, Tidak Dingin. 

Kondisi yang ideal bagi kulit kering -sensitif adalah SEJUK.
Perubahan suhu yang terlalu drastis bisa memicu kulit untuk bereaksi negatif. Contohnya saya. Saya nggak tahan sama cuaca panas banget, apalagi berjemur di bawah sinar matahari. Tapi saya juga nggak tahan kalau dinginnya ekstrim.
Mandi pun nggak dianjurkan mandi air panas/hangat terlalu lama. Mandi air suhu normal adalah yang terbaik.
Oya, penderita kulit kering - sensitif nggak dianjurkan untuk terlalu sering mandi lho. Sehari dua kali cukup, sama dengan cuci muka ^^

Untuk menjaga kulit kamu tetap 'sejuk', usahakan menggunakan baju yang tidak ketat dan menyerap keringat. Cari yang berbahan katun ya, bukan nilon yang 'panas' dan bikin kulit susah napas :D


6.   Istirahat Cukup dan Tidak Stress. 
Semua memang harus seimbang ya :D Nggak ada kegiatan dan bermalas-malasan nggak bagus juga buat tubuh kita. Begitupun kalau terlalu sibuk, stress dan kecapekan. Ditambah begadang tiap malam...wew, sangat nggak baik >,<
Kulit juga mencerminkan pola hidup kamu lho. Selain menjaga kulit dengan tidak merokok, 'ngobat' atau minum alkohol, istirahat cukup dan selalu positive thinking itu juga sangat menunjang kesehatan kulit kamu, terlebih untuk yang kulitnya kering dan sensitif ~
Buat saya, efek capek dan begadang itu ngena banget lho. Ini kuit saya rewel minta ampun sejak saya maulai fokus ngerjain TA pas kuliah, begadang hampir tiap malam. Hasilnya? Ya kacau balau keterusan sampe sekarang huhuhuhu...
Tapi banyak berdoa dan berusaha, pasti kulit bisa jadi lebih baik. Semangat!


7.    Perawatan Kulit Mingguan, PENTING!
Sample Size :p
Perawatan mingguan juga penting buat kulit. Kamu bisa maskeran dengan masker yang cocok buat kulit kering. Bisa coba resep masker DIY saya INI atau pake masker yang udah cocok buat kamu (alpukat, madu, minyak zaitun biasanya adalah bahan utama yang pas buat bikin masker kuit kering).
Eksfoliasi itu juga penting lho karena sela kulit mati gampang banget numpuk di kulit kering dan mengelupas. Hanya saja, pilihlah eksfoliator yang pas dan MELEMBABKAN. Salah pilih produk bisa bikin kulit iritasi parah lho -__- Juga jangan eksfoliasi muka pas kulit lagi kering akut/iritasi ya :p
Saya suka pake Skin Food Rice Mask Wash Off atau yang Black Sugar, nggak terlalu kasar buat kulit sensitif saya.


8.     Last but Not Least...
Let your skin breathe freely. Menutupi kekurangan wajah dengan berdandan tebal-tebal setiap hari sama sekali bukan solusi yang baik. Biarkan kulit wajah 'telanjang' sesering mungkin. Kalau lagi banyak dry patch saya biasanya stop dandan dan hanya pake pelembab+tabir surya dan bedak dari Marcks'. Simpel dan lebih aman buat kulit. Meskipun kadang suka ada komentar-komentar miring seputar 'anehnya muka saya karena retak dan ngelupas-ngelupas merah kayak kepiting rebus'. Ugh. Cuek aja lah :D
Daripada menutupi tampilan iritasi dan kulit saya yang lagi kacau saya lebih baik mengistirahatkan kulit dari segala macam produk kimia, pokoknya seminimal mungkin deh. Dengan begitu, iritasi nggak nambah dan penyembuhan bisa lebih cepat ^^
PLUS...menemukan produk yang cocok sama seperti mencari jodoh ; sekali ketemu...berusahalah untuk setia. Jangan ganti-ganti ^^ Saya suka ganti-ganti make up. Tapi untuk skin care...saya nggak berani ambil resiko :p
Apa yang paling cocok buat kamu, hanya kamu sendiri yang tau ^^ Trial and error sampai ketemu yang klop sama kulitmu: berbekal pengetahuan dasar. Rajin browsing  dan nggak malas cari tahu, itu kuncinya~


Nah itu dia, tips dari saya buat kamu untuk bisa 'berdamai' dengan kulit kering :D
Semoga bermanfaat ya ~ Kalau ada yang mau nambahin, silakan di comment box ^^


Oya, sekedar untuk mengingatkan kalau nobody is perfect, ini saya kasih liat foto-foto para seleb/model terkenal dengan bad skin mereka hasil browsing saya :D
Bukan berniat menjatuhkan atau apa. Tapi hanya ingin menunjukan, wajah para model/seleb juga nggak selamanya FLAWLESS. Kadang seperti orang normal lain juga, bad skin day :)
Nggak ada orang di dunia ini yang mukanya mulusss terus selamanya. Sampai ada yang bilang, perfection is only owned by PHOTOSHOP, LOL. Syarat untuk jadi model bukan berwajah super mulusssssss tanpa cacat cela. You don't have to own a perfect skin to be a model. But you must have good skin :D
Kadang yang bikin kita minder juga karena adalah karena kita menerapkan standar terlalu tinggi. Coba kalau kita biasa aja menanggapi 'penampilan kacau' seseorang. Pasti kita juga biasa aja kalau suatu hari terpaksa 'kacau'. Bukan berarti kita sengajain kacau dengan malas ngerawat diri dan malas mandi ya :p Bersih itu wajib hukumnya.
Sometimes it's okay to look 'not okay', we don't have to be SUPER KAWAII every single time. Make up is just for fun. Kecantikan sejati tetap adanya dalam hati seseorang kan? Setuju?

Cheers for EVERY girls in the world. We are pretty, in our own way! No matter what they say, you are unique and special :)




SOURCE
SOURCE
SOURCE (She is an awesome vlogger. Cassandra Bankson. Love her. COOL!!!)
Cameron Diaz


Have a nice day and God bless we all~ 


Raisa Angelin


Photobucket

Comments

  1. kalau kulit saya kadang berminyak kadang jga bisa kering, terutama di bagian wajah
    tapi emang bener ya , kulit kering lebih menyebalkan dari pada berminyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya sih normal2 aja ya mbak >,<
      thanks ya udah mampir di mimoyoja ^^

      Delete
  2. I have super dry skin too! :'( Susah banget buat nyari skin care yg cocok. Sampe sekarang juga blm bener2 ketemu yang klop banget.

    Jadi pengen nyoba sabun muka hadalabo juga, soalnya belom ada sabun muka yang bener2 cocok. Aku juga suka maybelline baby lip balms terutama yg berry ♥ Skinfood rice mask wash off juga oke banget :)

    Kalo kamu lagi nyari moisturizer yang oke, cobain deh Clinique moisture surge. Agak mahal sih, tapi bagus banget menurut aku. Good investment! :) Siapa tau kamu juga cocok. Sebenernya sih itu bukan daily moisturizer, tapi dipake buat sehari2 juga oke kok.

    Great post! :D
    Bella / everythingaboutbella

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadalabo emang terbukti moist banget :D Harganya juga relatif terjangkau, hehehe :p
      waah thank you ya sis rekomennya <3

      Delete
  3. wah, bisa basa jawa ya.. Pas bgt reviewmu sa, kulitku kering nih dan sekarang banyak muncul jerewi kecil-kecil bgt.. jadi parno nih harus pake apa. Etude cc glow emang udah jadi inceranku sih, tambah penasaran deh

    gitalockwood.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku ga pake etude tiap hari hehe. cuma pas lagi mau jalan2 aja kkkk
      aku malas pake apa2 kalo muka lagi kacau begini :(
      eh iya aku cuma bisa dialeknya aja kok soalnya pas di Yogya temen deketku mostly orang yogya tulen lol
      makasih dah mampir ya Gita :*

      Delete
  4. kulit aku juga kering :D kadang-kadang bersisik gitu tapi cuman yang di bagian kanan, yang di bagian kiri gak bersisik, tapi tetp kering :D Aneh yaaa hehehe

    ReplyDelete
  5. waah postingannya koq bisa pas banget ama kondisi kulit wajahku sekarang #hug
    Walaupun gak ngelupas, tapi akhir2 ini kulitku jg lagi rewel banget, daerah sekitar bibir, pinggiran hidung, tulang pipi deket mata, jidat terasa perih dan panas, plus beruntusan di jidat. Udah ditemplokin pelembab biasa malah makin perih dan panes, di maskerin juga sama, apalagi di peeling T_T

    Akhirnya semua pelembab & face wash yg biasa kupake ganti semua. Mau cari hadalabo deh,tp harus ke mall besar baru ada. Aku sekarang cumuk pake dove white bar aja, not bad lah selesai cumuk gak perih dan panes banget lagi.

    Thanks raisa postinganmu membantu sekali, pas jg utk kantong2 sekarat^^
    *maaf malah curhat hehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. get well soon ya mbak Dini :D
      semangat! senang kalo bisa membantu walau nggak bisa banyak #hug

      Delete
  6. Your blog is soo cute! I'm having a hard time translating it to English. Lol, there's no option for English. xDDDD Anyway you have a very cute blog!

    Following you now. :)
    Lynn | Makeup With Tea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lynn :D Of course this blog has a translator widget! hehehe
      you may click the right - up button, Google Translate :D
      Just choose English. Thank youuuuu <3

      Delete
  7. kulitku combi tapi termasuk yang eksteem sekali. bagian pipi kering kerontang tapi jidat sama idung oily parah. aku juga pake hadalabo dan aman-aman aja ga breakout asal pake lotionnya ga kebanyakan aja :D kulit kering itu nyebelinnya setengah mati. kalo ada bekas jerawat susah banget yang ilang >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bener, bekas jerawat bandel banget di kulit yang kering :')
      gws yaa buat kulitnya :3
      thanks for sharing here~

      Delete
  8. hi raisa.. sama nih aku jg pake skin aqua, baru belakangan ini. dulunya, abis cuci muka, pake toner, ak pake pelembab TBS, baru bedak. tapi abis beli skin aqua ini, ak ga pake lg pelembabnya, jd langsung abis toner pake skin aqua. soalnya setau aku, skin aqua juga melembabkan. abis itu baru deh pake bedak..
    kl raisa pake hadalabo trs br pake skin aqua lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kalau siang, habis cuci muka, aku pake toner hadalabo terus baru lanjut skin aqua soalnya udah moist banget ^^
      kalau malam, aku pake facial wash hadalabo, tonernya terus milk lotion hadalabo, krim mata dll (jelas nggak pake skin aqua dong, kan malem hehe)

      semoga membantu hehe

      Delete
  9. Halo! Finally find someone dengan eczema and dry skin ! Baru banget tadi gue muter2 mall sebandung buat ke watson, guardian sm century cari Cetaphil yang super mahal itu tapinya gak adaaaa huhu. Gue baru bgt kelar perawatan eczema ampe muka ampe iritasi parah dan alhamdulillah udah mulus. Tinggal eczema sebadan2 aja nih yg bikin gila �� Anyway kalo buat sabun badan shampo dan semua skin care sih gue saranin balik lagi ke produk bayi. Tapi kl ody wash bisa pake Cetaphil, Cerave atau ga QV . Itu super nyaman. Makeup sih pelembab doang, padahal lagi addict bgt sm makeup huhu :( Btw makasih ya Raisa for sharing this kind of information! Btw, cc cream tebel ga sih ke muka? Gue ada ysl cc cream tapi blm berani nyoba :(

    ReplyDelete
  10. Hi Raisaa, finally I got this cute blog, spertinya masalah kulit kita sama. Kulitku berbah jd sensitif stlh ada 'malpraktik' dokter yg ngobatin wajahku pakai full alkohol krn kena 'tomcat' waktu itu, syeediiih .. :(

    untuk pelembab atau moisturizer yg cocok utk kulit kita, sebelum make skin aqua apa yah? Krn everyday sllu di dalam ruangan AC, jd kulit terasa lebih kering. Thank You Raisa :)

    ReplyDelete
  11. Saya kira cm saya aja yg begitu ternyata ada temennya hikss. Selama ini suka sebel dgn dry patch akhirnya makeup jd aneh bin ajaib ga ada yg nempel malah jd aneh krn ngelupas2. Sy msh belum nemu sabun mula yg cocok ni ada yg bisa ksh saran ga ya

    ReplyDelete
  12. halo kak. saya jg pemilik kulit super kering dan sensitif, saya udah browsing sana sini dan akhirnya nemu blog ini. mau tanya masker DIY nya resepnya boleh share ga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*